Skip to main content

Artikel Unggulan

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

Dari Stasiun Pasar Turi ke Terminal Bungur Asih/ Purabaya (2015)

Stasiun Pasar Turi Surabaya

Bagi anda yang pertama kali datang ke kota Surabaya dengan menggunakan kereta api saya harap informasi ini bermanfaat bagi anda. Terutama untuk yang menaiki kereta api lintas Utara dengan tujuan akhir Stasiun Surabaya Pasar Turi (SBI). Bagi anda yang hendak melanjutkan perjalanan ke kota lain di sekitar Surabaya tentunya harus ke Terminal Purabaya atau Bungurasih yang berada di daerah Waru, Sidoarjo yang berbatasan langsung dengan kota Surabaya.

Anda yang datang dengan menggunakan kereta api dari Jakarta ke Surabaya menggunakan kereta Bisnis dan Eksekutif, semisal KA Gumarang, Sembrani dan Argo Bromo Anggrek mungkin lebih beruntung karena biasanya datang menjelang pagi baik sebelum atau sesudah Subuh, sekitar jam 4 sampai jam 6 pagi.

Dimana pada jam jam tersebut mobil angkutan umum sudah banyak yang beroperasi dan kondisi keamanan lebih baik. Anda bisa menunggu bis dalam kota dengan tujuan Terminal Bungurasih di pertigaan depan stasiun Pasar Turi (keluar dari stasiun ke arah kanan kira kira 30 m), Jam keberangkatan pertama bis kota ini adalah jam setengah 5 pagi.
Stasiun Besar Pasar Turi Surabaya


Pasar Turi Surabaya di malam hari
Pasar Turi Surabaya, bus P5 dan bus ke arah Sidoarjo lewat

Sedangkan untuk bis P5 (Patas 5) ke Terminal Bungurasih dan bis ke arah Sidoarjo yang lewat depan PGS (Pasar Turi) Surabaya jam pertama bis yakni jam setengah 6 s/d 6 pagi. Dari stasiun Pasar Turi ke arah PGS ini anda keluar stasiun ke arah kiri kira kira 100 meter, demikian pula untuk anda yang hendak ke Sidoarjo, tunggu saja di tempat yang sama karena bus Patas  ke Sidoarjo akan bersamaan datangnya dengan yang ke arah Bungurasih.


Perempatan depan stasiun sebelah kanan, tempat bis dalam kota arah ke terminal Bungurasih biasanya lewat (bukan bus P5), jam berangkat paling awal setengah 5 pagi

Namun bagi para backpacker atau anda yang menaiki KA Kertajaya ekonomi, mungkin akan lebih membutuhkan sedikit usaha untuk transit ke terminal Bungurasih atau Purabaya, ini dikarenakan jam kedatangan kereta Kertajaya sekitar jam setengah 2 pagi hari. Dimana bus atau angkutan umum/lyn belum banyak beroperasi, kecuali taxi dan ojek tentunya. 

Saran saya adalah:

1. Dari pintu kedatangan kereta, anda jalan lurus keluar ke arah jalan besar yakni jalan Semarang, kurang lebih 100 meter jaraknya. Biasanya akan banyak sekali calo, tukang ojek, sopir taxi yang telah menunggu di depan pintu keluar. Usahakan cuek dan tahu situasi sebelumnya.
Saya pernah menjumpai seorang penumpang kereta yang harus merelakan uang 15 ribu rupiah hanya untuk naik becak dari pintu keluar stasiun ke jalan di depan stasiun yang jaraknya hanya 25 meter saja, penumpang ini minta diantarkan ke angkutan yang akan ke terminal Bungurasih. Tukang becak memang tidak salah dalam hal ini, tapi memanfaatkan ketidaktahuan seseorang untuk mencari nafkah bukan hal yang BIJAK.


Jalan Semarang, depan stasiun Pasar Turi


Angkot warna hijau, kalo malam hari jadi omprengan dari stasiun Pasar Turi ke terminal Bungurasih
2. Setelah sampai di jalan depan Stasiun Pasar Turi biasanya ada calo yang berteriak teriak: "bemo bemo Bungur", anda hampiri saja. Bemo  atau angkutan yang digunakan berwarna hijau atau Lyn D, sebenarnya bemo ini bukanlah trayek ke arah terminal Purabaya namun digunakan hanya untuk kondisi tertentu saja seperti mengangkut penumpang kereta yang datang dini hari seperti ini. Tarif yang dikenakan tentu saja jauh dari harga normal yakni 12 ribu rupiah, dimana tarif normal untuk bus adalah 6 ribu dan angkot biasanya 4 ribu.

Pintu keluar Terminal Bungurasih / Purabaya

3. Angkot tersebut akan berhenti tepat di depan pintu keluar terminal Bungurasih atau Purabaya, saran saya anda lebih baik diam di situ saja karena bis AKAP akan pasti keluar dari arah tersebut daripada harus masuk ke terminal yang masih lumayan jauh jarak masuknya dan dengan kondisi keamanan yang tidak terjamin. Di depan pintu keluar berjejer banyak warkop dan warung makanan, sehingga anda dapat ngopi atau makan melepas rasa lapar. Namun bila anda pergi rombongan, anda bisa saja masuk ke terminal agar bisa mendapat tempat duduk di dalam bis. Anda tidak perlu khawatir tentang keamanan terminal Bungurasih karena menurut pengalaman saya selama ini kondisinya aman aman saja.

Memang butuh waktu agak lama untuk naik ke bis karena jarak waktu antar bis cukup lama pada dini hari. Namun bagi anda yang bepergian ke arah Malang, Pasuruan, Madiun, Kediri, Tuluagung, Solo, Jogya dan Semarang jangan khawatir karena bis Sumber Selamat, Eka, Harapan Jaya, Mira, Akas, Sinar Mandiri, Restu paling lama 30 menit selang waktu antar bisnya. Adapun JADWAL dan TARIF bis Antar Kota Antar Propinsi dan Antar Kota Dalam Propinsi dapat anda baca di artikel berikutnya.

Sedangkan jika anda naik kereta api lintas Selatan yang berhenti di Stasiun Gubeng, anda dapat membaca informasinya disini.Untuk anda yang ingin melanjutkan perjalanan anda ke Bandara Juanda dari Terminal Bungurasih baca artikelnya disini.



Nitip Iklan saya sendiri Travel Stasiun Pasar Turi, Stasiun Gubeng dan Bandara Juanda:





Comments

  1. Harga tiket surabaya ke malang berapa ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk bus ekonomi TBB (tarif batas bawah) 9 ribu, kalo tarif batas atas 14 ribu 500 rupiah dari Sby ke Malang

      Delete
  2. Mas mau tanya hari ini sy berangkat ke surbaya via kertajaya dan sampai d st.pasar turi sekitar jam setengah 2 malam dan tujan saya adalah bandara juanda dana saya sgt minim mas alternatif apa yg bisa saya gunakan di jam segitu dan aman serta murah untuk sampai ke bandara, apakah sy bisa naik gojek? makasih banyak mas tolong dibalas ini urgent 😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry baru balas Mbak karena gak updated, kalo Mbaknya naik GOJEK agak susah sih carinya karena masih dini hari, kalo naik ojek biasa saya gak saranin. Angkutan umum cuman omprengan sampai Terminal Bungurasih ntar oper lagi. Kalo agak siang dikit sekitar jam 5 pagi GOJEK pasti ada, tapi hati hati karena gojek pangkalan stasiun agak bersinggungan sama GOJeK.

      Delete
  3. Mas mau tnya bsok sy mau ke malang . dr kradenan ke surabaya naik kereta. Tiba d stasiun pasar turi jam 2 siang. Mau lanjutin perjalanan ke malang naik bus patas. Caranya gmna ya mas. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda keluar stasiun jalan kaki aja kalo gak bawa bawaan yang berat, kemudian ambil jalan yg ke arah kiri anda jalan lurus aja kira kira 200 meter sampai perempatan PGS Pasar Turi anda ke jalan ke kiri duduk.manis aja.di depan PGS, tunggu bus PAtas P5 yg ke arah Bungurasih, tarif 6 ribu. Nyampe Bungurasih tinggal cari bus ke.arah Malang yg PAtas.

      Delete
  4. mas mau tanya dong. rencana saya naik ka gumarang. ingin ke purwosari sarannya naik apa? dan tarif busnya brp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Purwosari mana Mas, deket Solo atau dekat Malang? Kalau naik bus harus oper dulu ke terminal Bungurasih.lalu ke arah Malang.

      Delete
    2. purwosari malang mas, atau paling tidak ingin naik KA lagi turun di st.Lawang. terlanjur beli tiket gumarang saya.

      Delete
    3. Anda naik bis patas P5 dari depan PGS ke arah Bungurasih nanti naik bus ke arah Malang dari Bungurasih. Kalo Gumarang nyampenya kepagian anda bisa naik angkot warna hijau yg ada di depan stasiun pasar turi kr arah Bungurasih tarifnya 12 ribu.

      Delete
  5. Mas saya mau tanya klo dari pasar turi ke stasiun gubeng naik apa ya klo smpe yee jm 2 pagi???

    Klo dari bungurasih bis yg kearah lumajang ada yee jam brpa ya?? Dan apa nama bis ye?? Terimakasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending naik taxi ongkos gak terlalu mahal kok, banyak taxi blue bird mangkal di depan stasiun, ongkos paling mahal gak sampai 30 ribu rupiah.
      Kalau bus ke Lumajang saya kurang tahu mungkin bus Akas. Mending naik kereta api aja dari st Gubeng sekarang ada kereta jurusan Sby ke Lumajang turun di PG Jatiroto lebih cepat nyampainya.

      Delete
  6. sngt bermanfaat...

    salam mas,

    saya mau tanya.
    saya rencana in syaAllah naik kereta ekonomi dari solo ke surabaya dan naik bus dari surabaya ke pamekasan madura. abis lebaran ini (h+1)

    dari stasiun purwosari solo ke gubeng surabaya. berangkatnya jam 15.29 sampainya 21.42 mlm..
    tapi mungkin sy turun duluan di stasiun pasar turi (kayaknya lebih dekat kalo pasar turi) heee cuma persebsi aja..

    a. lebh baik mana turun di pasar turi ataua stasiun gubeng?
    b. apakah ada angkot dr stasiun pasar turi/gubeng ke terminal surabaya jam segitu ya?
    c. kl naik taxi berdua dri stasiun itu kira2 brp mas?
    d. amankah jam segitu mas? soalnya tiket yg siang sudh habis mas ..
    d. kira2 saran masnya gmn?

    suwun mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naik kereta apa Mas/Mbak? Kalo dari Solo atau jalur selatan pastinya anda akan turun di st Gubeng karena st Pasar Turi hanya untuk kereta jalur Utara atau yang dari arah Semarang.
      Untuk jam segitu di st Gubeng masih aman karena letaknya dekat dengan tengah kota. Untuk ke terminal Bungurasih dari st Gubeng naik taxi spt Bluebirds tak lebih dari 50 ribu. Cuman ya itu tinggal sopirnya jujur atau gak :-)
      Untuk di terminal Bungurasih saat jam segitu mending anda turun di dekat pintu keluar bus antar kota, disitu lebih aman menurut saya daripada didalam terminal. Bus bus jurusan Madura juga akan keluar dari depan pintu keluar itu.

      Delete
    2. naik kereta pasundan mas..

      kl dr perkiraan kn hari ahad hari raya , nah h+1 hari seninnya itu kira2 bus dan angkot/taxi udh beroprasi ya?

      kl sktr 50rb mending taxi aja ya kl gt mas.. heeee lbh aman jg...

      berati lbh baiknya di pintu keluar terminalnya mas nunggunya. takut gk dpt tmpt duduk, apa mungkin masuk aja k dlm ya..

      kira2 kl jam 10 mlm itu bus patas masih ada mas yg arah k madura?
      kl yg ekonomi bxk rokoknya jd gk betah asapnya.. hee

      Delete
    3. Benar berarti anda akan turun di st Gubeng, kalo taxi mah gak kenal waktu saat Lebaran khan waktunya panen. Pasti banyak yg beroperasi, masalah bus ke Madura saya terus terang tidak tahu banyak namun berdasarkan pengalaman pribadi saat menunggu di depan pintu terminal sekitar jam 12-3 malam masih ada tuh yang beroperasi semisal bus AKAS dan Damri. Memang agak susah kalau naik bus ekonomi walaupun AC sekalipun kadang penumpang lain merokok seenaknya.
      Saya juga perokok berat namun tak pernah saya paksa merokok di bus atau angkot :-)

      Delete
  7. mas saya dari semarang sampe pasar turi jam 2 dini hari, bus tujuan ke probolinggo.. baiknya gimana ya, nunggu agak pagi di stasiun dulu atau langsung jam 2 itu ke terminal? apa ada bus ke prob jam segitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung aja ke terminal Bungurasih, bus ke arah Probolinggo SDH beroperasi kok jam segitu. Untuk hindari calo naik aja dari pintu keluar bus luar kota yg letaknya di sebrang stasiun Waru.

      Delete

Post a Comment

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau spam. Terima kasih

Popular posts from this blog

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

Selimut fasilitas bus EKA Menyambung artikel sebelumnya yakni trip report naik bus EKA dari Solo ke Purbalingga di akhir perjalanan ketika bus sudah memasuki wilayah kabupaten Purbalingga kondektur mulai membersihkan kursi dan merapikan kembali selimut selimut yang disediakan khusus bagi penumpang.  Setahu saya hanya armada bus EKA tertentu saja yang dilengkapi dengan fasilitas tambahan selimut. Selimut yang disediakan menurut saya cukup bagus dan menarik. Dengan warna menarik dan bahan lembut dan hangat tentu memancing "gairah nakal" tersendiri bagi oknum penumpang.  Ketika kondektur telah sampai di kursi bagian depan dia pun berkata kepada sang sopir. Pak selimute ilang siji maneh! Pak selimutnya hilang lagi satu. Kemudian saat kondektur kembali ke kursinya mulai terdengar percakapan mereka berdua mengenai hilangnya selimut tersebut. Sang kondektur sambar atau mengeluh ini adalah selimut kedua yang hilang dalam kurun satu bulan terakhir. Harga satu selimut itu lu

NAIK ANGKOT APA YA??? DARI STASIUN GUBENG KE TERMINAL BUNGURASIH

Stasiun Surabaya Gubeng Baru Bagi anda yang pertama kali datang ke kota Surabaya dengan menggunakan kereta api, anda harap perhatikan hal ini. Ada dua stasiun besar di Surabaya yakni, Stasiun Gubeng melayani jalur lintas Selatan dan Stasiun Pasar Turi yang melayani jalur lintas Utara.  JALUR LINTAS SELATAN kereta yang mengarah ke Banyuwangi, Malang, Kediri, dan Jakarta (lewat Madiun, Solo dan Jogjakarta), sedangkan  JALUR LINTAS UTARA  (kereta yang mengarah ke Lamongan, Babat, Bojonegoro, dan Jakarta (lewat Semarang).  Sejak tahun 2013 semua kereta api Ekonomi, Bisnis dan Ekskutif berjalan langsung di Stasiun Wonokromo alias tidak berhenti di Wonokromo lagi, jadi sekarang semua kereta api terakhir berhenti di Surabaya Gubeng. Ini jelas agak merepotkan apalagi bagi anda yang ingin melanjutkan perjalanan ke arah Sidoarjo atau ke terminal Bungurasih . Stasiun Surabaya Gubeng Lama Namun perlu anda tahu sebelumnya kenapa ada Stasiun Gubeng Baru dan Stasiun Guben

SMOKING ROOM di bandara Juanda

Smooking room di terminal 1 bandara Juanda  Area merokok di bandara Juanda Surabaya -  Tak mudah sekarang bagi para perokok mencari tempat yang nyaman untuk merokok, apalagi di bandara udara. Kenyataannya memang demikian, sebagai seorang perokok saya juga “Tahu Diri” untuk merokok di tempat yang telah disediakan. Nasib perokok, tambah terjepit karena ruang bebas merokok yang disediakan sangat sempit dan terbatas, padahal jumlah perokok yang berada di ruangan tersebut melebihi kapasitasnya. Kalo sudah demikian saya mesti mengalah daripada bisa “mati berdiri” terpanggang asap rokok hehehehe. Di postingan saya sebelumnya SMOKING ROOM di bandara Soekarno Hatta terminal 1 A, ternyata pihak bandara lebih bijak dengan menyediakan taman di tengah tengah gate sebagai area merokok. Ini tentunya lebih “manusiawi” karena para perokok termasuk saya bisa menikmati “hobby” tersebut dengan nyaman dan tidak tersiksa. Smoking pot di bandara Juanda Lain halnya dengan di bandara Juanda