Skip to main content

Artikel Unggulan

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

"TIPS JITU DAN AMPUH" MENDAPAT TIKET KERETA API LEBARAN

"TIPS BERBURU TIKET KERETA API LEBARAN 2017" Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran tahun 2017 ini adalah saat yang ditunggu tunggu oleh kita yang berada di perantuan, alias keluarga masih ada yang tinggal di Pulau Jawa dan sudah memiliki rencana untuk PULANG MUDIK di tahun ini mudah mudahan info ini berharga. Apalagi bagi anda yang ingin menggunakan jasa transportasi Kereta Api, karena tiket untuk Lebaran tahun ini sudah dimulai dijual dan hasil pemantuan saya semenjak 5 hari terakhir tiket-tiket tersebut sudah habis 5 menit setelah dibuka penjualan oleh PT KAI.

Perlu diketahui bahwa 5 hari yang lalu tanggal 17 Maret pukul 24.00 telah dijual tiket untuk keberangkatan H-10 Lebaran tanggal 15 Juni 2017, ini berarti pada pukul 00.05 tiket kereta untuk kereta KELAS EKONOMI sudah ludes terjual, sedangkan untuk kelas BISNIS dan EKSEKUTIF saya belum melakukan pengamatan tersendiri.

Dengan harga yang relatif murah dan tentunya waktu tempuh yang lebih singkat dari moda transportasi darat lainnya memang kereta api menjadi pilihan utama PEMUDIK di Pulau Jawa. Sebagai gambaran untuk KA EKONOMI jarak jauh Jakarta (JKT) - Surabaya (SBY) seperti KA Kertajaya tarifnya hanya Rp. 90.000,- sedang untuk KA Gaya Baru Malam Selatan harga tiket sebesar Rp 110.000,-. Ini jelas lebih murah dibandingkan jika kita memilih untuk naik Bus yang kita tahu pada saat Lebaran tarifnya untuk kelas Ekonomi saja bisa berkisar Rp 250.000,- per orang. Ada tips untuk mendapatkan tiket kereta api Lebaran yang bisa anda simak di bawah ini.

Semenjak 2 tahun yang lalu PT KAI telah meningkatkan layanannya kepada pelanggan dengan memudahkan pelanggan memesan tiket kereta api menggunakan sistem Online. hal ini adalah untuk menghindari antrian para pembeli tiket kereta yang sudah pasti terjadi tiap tahunnya. Pelanggan kini dimudahkan dengan aplikasi ini baik memesan lewat situs resmi PT KAI, gerai swalayan Indomaret dan Alfamart, atau agen agen tiket resmi yang berafiliasi dengan PT KAI, bahkan bagi pengguna telepon seluler kini ada aplikasi berbasis Android dan BBM yang bisa diunduh dan diinstal sehingga kita bisa memesan tiket lewat telepon genggam kita.

Di atas adalah salah satu contoh aplikasi Android untuk pemesanan tiket kereta Api. Dengan aplikasi ini kita akan sangat sangat dimudahkan dalam proses pemesanan tiket kereta, ya walaupun bagi pelanggan yang belum memiliki aplikasi klik Pay untuk rekening Bank, tentu harus membayar tiket yang telah dipesan pada ATM yang ditunjuk dengan waktu pembayaran maksimal 3 jam setelah pemesanan. Dan jangan lupa ada biaya tambahan pemesanan sebesar Rp 7.500,- untuk setiap pemesanan.

Dengan adanya tambahan layanan tersebut saya rasakan sangatlah membantu dan bermanfaat karena saya tidak perlu lagi ke stasiun terdekat dan antri berlama lama untuk mendapat tiket kereta yang saya inginkan. Saya masih ingat 3 tahun yang lalu harus berjuang mati matian untuk mendapatkan tiket tersebut. Berharap mendapat tiket kereta saya pergi ke stasiun Tanah Abang setelah Subuh namun betapa terkejutnya begitu sampai di stasiun ternyata antrian telah mengualr panjang, dan saya harus menyerah setelah 6 jam menunggu antrian dengan keluar dari barisan. Namun beruntung bagi saya, istri di kampung telah berhasil mendapat tiket yang saya maksud karena berhasil membelinya di stasiun dekat rumah.

Tentu saja dibalik kemudahan tentu ada saja kekurangan dari sebuah sistem, dengan sistem online tentu saja antrian di stasiun sejak dua tahun terakhir tidak banyak terlihat, namun perburuan tiket secara online juga tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tahun lalu dan dua tahun sebelumnya saya menggunakan laptop dan berburu lewat situs resmi PT KAI, sebelum jam 12.00 tengah malam laptop sudah saya siapkan untuk perburuan, dan alhamdulillah tiket bisa saya dapatkan setelah menit ketiga dari 24.00, iseng iseng saya coba untuk LOGIN lagi dan "DAHSYATNYA" pada menit kelima tiket kereta api kelas ekonomi untuk jurusan Surabaya dan Kediri, yakni KA Kertajaya, Gaya Baru Malam dan Brantas telah ludes di monitor.

Saya coba masuk ke Grup Facebook saya yakni grup para Penglaju kereta api, ternyata benar banyak mention mentioned dari anggota grup yang banyak tidak kebagian tiket kereta kelas Ekonomi setelah lewat dari menit ke 5 dari jam 24.00. Banyak yang menulis bagaimana hal tersebut dapat terjadi, belum lagi tentang BUG atau gangguan pada saat tiket kereta sudah terbooking, tapi pada saat akan memilih cara pembayaran tiba tiba koneksi error dan harus reset dari awal pemesanan. Hal tersebut banyak juga mendapat komentar balasan, ini dimungkinkan karena mungkin kemampuan Server komputer induk PT KAI down karena terlalu banyak yang mengakses atau HIT ke alamat situs tujuan, yang kedua mungkin jaringan internet yang sedang kita pakai juga tidak dalam kondisi terbaik.

Namun ada alasan yang mungkin bagi saya masuk akal yakni ternyata PT KAI memiliki semacam aksses khusus bagi para agen agen tiketnya, dengan akses dan jalur khusus tersebut maka proses perebutan tersebut tentu saja akan banyak menguntungkan pihak agent. Karena mereka tidak harus berjibaku berebut line dengan para pengguna lainnya yang mengakses situs resmi PT KAI. Dan kenyataannya memang demikian, walaupun secara resmi tarif tambahan para agen untuk tiket yang dijualnya adalah Rp 7.500,- per tiket harga tersebut tentu saja tidak berlaku di saat masa masa Lebaran. Dimana para pelanggan yang kalap dan bingung akan membayar berapa pun harga tiket yang ditawarkan semasa masih dalam taraf kewajaran.

Tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena saya telah menginstall aplikasi Android di telepon genggam saya yakni KAI Access. Alhamudillah aplikasi ini berjalan dengan baik dan saya berhasil memperoleh tiket Lebaran untuk tanggal 7 Juli 2015. Setiap malam selama 5 hari terakhir saya selalu memantau pergerakan penjualan tiket kereta api online ini khusus untuk KA kelas ekonomi, dan hasilnya hampir semua sama untuk setiap malamnya, bahwa setiap lepas menit ke 5 dari pukul 24.00 tiket telah ludes terjual.

Saya menganjurkan lebih baik memasang aplikasi pemesanan tiket kereta ke telepon genggam kita daripada harus akses ke situs PT KAI, karena dengan memakai aplikasi ini kita tidak perlu repot lagi untuk mengisi biodata kita lagi yang tentunya memakan waktu, biodata hanya diisi waktu install pertama kali aplikasi ini. Jadi didalam prosesnya kita hanya perlu mengisi nama stasiun awal keberangkatan dan stasiun tujuan, dan terakhir adalah tanggal keberangkatan.

Jika dihitung proses ini memakan waktu hanya 30 detik jadi secara keseluruhan menurut pengalaman saya pada menit kedua anda sudah bisa mendapatkan kode booking kereta anda, namun jangan lupa ini juga bergantung pada koneksi provider telepon genggam anda. Saya iseng iseng selama 5 hari terakhir mencoba booking dan selalu mendapat tiket yang saya inginkan pas pada menit kedua kode booking sudah bisa saya dapatkan tanpa ada masalah yang berarti.

[UPDATED] Ada baiknya aplikasi android di gadget kita hendaknya tidak dari KAI Access saja, anda juga bisa menginstall aplikasi pemesanan tiket dari agent agent ticketing lainnya seperti TIKET.com, Paditrain.com, dan jangan lupa juga siapkan komputer atau laptop anda untuk mengakses website PT KAI secara langsung. Hal itu sebagai alternatif saja jika dari satu aplikasi anda gagal, mungkin dari aplikasi lainnya anda bisa berhasil mendapatkan tiketnya.

Tags:
 Bayar Tiket Kereta Api di ATM BCACara Cetak Tiket Kereta Api SendiriHal Penting Pada Pemesanan Tiket Kereta Api Secara OnlinePEJUANG "PJKA"Kejadian Unik Selama Perjalanan di Kereta ApiLarangan di Dalam Gerbong Kereta ApiTips Naik Kereta Api Ekonomi Jarak Jauh

Popular posts from this blog

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

Selimut fasilitas bus EKA Menyambung artikel sebelumnya yakni trip report naik bus EKA dari Solo ke Purbalingga di akhir perjalanan ketika bus sudah memasuki wilayah kabupaten Purbalingga kondektur mulai membersihkan kursi dan merapikan kembali selimut selimut yang disediakan khusus bagi penumpang.  Setahu saya hanya armada bus EKA tertentu saja yang dilengkapi dengan fasilitas tambahan selimut. Selimut yang disediakan menurut saya cukup bagus dan menarik. Dengan warna menarik dan bahan lembut dan hangat tentu memancing "gairah nakal" tersendiri bagi oknum penumpang.  Ketika kondektur telah sampai di kursi bagian depan dia pun berkata kepada sang sopir. Pak selimute ilang siji maneh! Pak selimutnya hilang lagi satu. Kemudian saat kondektur kembali ke kursinya mulai terdengar percakapan mereka berdua mengenai hilangnya selimut tersebut. Sang kondektur sambar atau mengeluh ini adalah selimut kedua yang hilang dalam kurun satu bulan terakhir. Harga satu selimut itu lu

NAIK ANGKOT APA YA??? DARI STASIUN GUBENG KE TERMINAL BUNGURASIH

Stasiun Surabaya Gubeng Baru Bagi anda yang pertama kali datang ke kota Surabaya dengan menggunakan kereta api, anda harap perhatikan hal ini. Ada dua stasiun besar di Surabaya yakni, Stasiun Gubeng melayani jalur lintas Selatan dan Stasiun Pasar Turi yang melayani jalur lintas Utara.  JALUR LINTAS SELATAN kereta yang mengarah ke Banyuwangi, Malang, Kediri, dan Jakarta (lewat Madiun, Solo dan Jogjakarta), sedangkan  JALUR LINTAS UTARA  (kereta yang mengarah ke Lamongan, Babat, Bojonegoro, dan Jakarta (lewat Semarang).  Sejak tahun 2013 semua kereta api Ekonomi, Bisnis dan Ekskutif berjalan langsung di Stasiun Wonokromo alias tidak berhenti di Wonokromo lagi, jadi sekarang semua kereta api terakhir berhenti di Surabaya Gubeng. Ini jelas agak merepotkan apalagi bagi anda yang ingin melanjutkan perjalanan ke arah Sidoarjo atau ke terminal Bungurasih . Stasiun Surabaya Gubeng Lama Namun perlu anda tahu sebelumnya kenapa ada Stasiun Gubeng Baru dan Stasiun Guben

SMOKING ROOM di bandara Juanda

Smooking room di terminal 1 bandara Juanda  Area merokok di bandara Juanda Surabaya -  Tak mudah sekarang bagi para perokok mencari tempat yang nyaman untuk merokok, apalagi di bandara udara. Kenyataannya memang demikian, sebagai seorang perokok saya juga “Tahu Diri” untuk merokok di tempat yang telah disediakan. Nasib perokok, tambah terjepit karena ruang bebas merokok yang disediakan sangat sempit dan terbatas, padahal jumlah perokok yang berada di ruangan tersebut melebihi kapasitasnya. Kalo sudah demikian saya mesti mengalah daripada bisa “mati berdiri” terpanggang asap rokok hehehehe. Di postingan saya sebelumnya SMOKING ROOM di bandara Soekarno Hatta terminal 1 A, ternyata pihak bandara lebih bijak dengan menyediakan taman di tengah tengah gate sebagai area merokok. Ini tentunya lebih “manusiawi” karena para perokok termasuk saya bisa menikmati “hobby” tersebut dengan nyaman dan tidak tersiksa. Smoking pot di bandara Juanda Lain halnya dengan di bandara Juanda