Dari Juanda Airport ke Terminal Bungurasih

Terminal 1  Bandara Udara Juanda Sidoarjo

Bandara Udara Internasional Juanda sebenarnya tidak terletak di Surabaya melainkan di kabupaten Sidoarjo yang memang berbatasan langsung dengan wilayah Surabaya bagian Selatan. Dulu sekitar tahun 2000-an bandaranya masih kecil namun sekarang bandara yang lama telah dipugar dan dijadikan terminal Internasional.

Sebagai kota terbesar kedua setelah Jakarta, Surabaya memiliki bandar udara yang lumayan bagus, namun masih ada kekurangan dari sisi transportasi penghubung yakni dari bandara ke stasiun atau terminal bus terdekat. Untuk mewujudkan transportasi umum yang terintegrasi tersebut nampaknya masih jauh dari angan-angan.

Para penumpang yang akan pulang ke rumahnya di kawasan Surabaya sekitarnua mau tidak mau naik taxi bandara atau mengandalkan jemputan dari pihak keluarga. Bus DAMRI yang beroperasi saya kira memiliki armada yang tidak memadai dan rute yang kurang variatif sering menjadi kesulitan utama bagi para penumpang pesawat yang baru datang ke Surabaya. [Simak Jadwal dan Tarif Bus Damri 2017]


Terminal 1 keberangkatan Internasional bandara Juanda

Rute bis DAMRI yang ada hanya sebatas ke Terminal Bungurasih, Pelabuhan Perak dan Gresik. Dari ketiga jurusan tersebut saya hanya mengenal yang ke arah Terminal Bungurasih. Tarif bus DAMRI dari Juanda ke Bungurasih relatif murah untuk ke terminal sebesar 25 ribu relatif murah jika dibanding naik ojek 30 ribu atau naik taxi bandara 80 ribu

Namun jam operasi bis ini terbatas hanya sampai jam 10 malam beda dengan di bandara Soekarno Hatta (Jakarta) yang hampir 24 jam waktu operasinya. Satu kendala lagi bis yang digunakan di bandara Juanda adalah bis dengan ukuran 3/4 dengan muatan penumpang tak lebih dari 20 orang sehingga di jam-jam sibuk waktu tunggu menjadi lama.


Travel dari bandara Juanda ke Malang kota

Untuk anda yang ingin pulang ke wilayah Malang sebenarnya ada travel yang beroperasi di bandara Juanda (saya kurang tahu resmi atau tidak statusnya) namun dari obrolan yang saya dapat mobil travel ini cukup aman. Namun anda harus menunggu jumlah penumpang penuh sebelum berangkat, tarif travel ke Malang dari bandara Juanda sekitar 120 ribu rupiah per orang.

Namun, jika anda kreatif semisal anda tiba di airport sudah menjelang tengah malam sedangkan anda harus langsung melanjutkan perjalanan anda ke Terminal Bungurasih, tips ini bisa anda coba, biasanya penumpang yang kurang tahu akan menunggu bis DAMRI di shelter depan pintu keluar, anda coba ajak mengobrol barangkali tujuannya sama yakni ke terminal. 
Bus DAMRI di bandara Juanda

Jika anda berhasil mengajak 2 atau 3 orang dengan tujuan Bungurasih langsung saja anda ke shelter Taxi Bandara dan memesan taxi dari bandara Juanda ke Terminal Bungurasih dengan tarif 80 ribu, maka dengan 4 orang penumpang anda cukup membayar 20 ribu per orang. Murah bukan, namun tentu saja susah mendapatkan kenalan karena faktor kecurigaan dari penumpang lain terhadap orang tak dikenal. Itu wajar.....

Oh ya satu hal lagi bandara Juanda terbagi atas dua terminal, yakni terminal 1 (penerbangan domestik), dan terminal 2 (penerbangan Internasional, Garuda dan Air Asia) kedua terminal ini bisa anda jelajahi dengan Free Shuttle Bus Bandara Juanda.

Tarif DAMRI JUANDA ke teeminal Bungurasih

Saya sih berharap pemerintah kabupaten Sidoarjo dan kota Surabaya bersinergi untuk bisa membangun rel kereta api dari bandar udara Juanda ke Surabaya atau ke arah Sidoarjo kota dengan demikian akan mempermudah akses para penumpang pesawat. Dengan infrastruktur yang mapan dan murah bukan tidak mungkin kota Surabaya akan semakin banyak pelancong baik dalam dan luar negeri guna menikmati suasana kota Surabaya yang dipenuhi taman taman kota tersebut.




Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau Spam. Terima kasih

IKLAN ANTAR JEMPUT

Popular Posts

Total Pageviews

Indoinspector. Powered by Blogger.

DMCA

DMCA