Skip to main content

Artikel Unggulan

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

Pertama X Naik "Bus Cepat Sugeng Rahayu Golden Star"

Bus Sugeng Rahayu Patas
Sore ini dari Solo secara kebetulan saya mendapat kesempatan menjajal armada baru PO Sumber Grup, yakni BUS PATAS SUGENG RAHAYU dari Cilacap ke Surabaya. Sekilas memang sangat Jreeeeeng sekali armada baru Sumber Grup ini, memakai karoseri besutan Laksana, warna body luar orange memberikan kesan garang dan unik pada bus ini. Bus ini merupakan armada baru bus kelas PATAS dari Sumber Grup, selain kelas ekonomi AC yang mereka miliki. 





Rupanya Sumber Grup ingin mencicipi juga "ROTI" bus kelas Patas untuk rute rute seperti Surabaya - Solo - Semarang, Surabaya  - Purwokerto - Cilacap, Surabaya - Solo - Jogja dan sebaliknya. Hal ini tentunya menarik karena akan terjadi persaingan seru dengan kompetitornya BUS EKA yang selama ini menjadi penguasa tunggal untuk kelas ini.


Interior bus inipun tidak kalah istimewa, dengan penutup orange pada head rest memberi kesan mewah, satu lagi yang mungkin sengaja atau tidak, minuman botol yang diberikan juga memiliki tutup botol berwarna orange juga. Oh ya tiket bus Sugeng Rahayu Patas dari Solo ke Surabaya sebesar 85 ribu rupiah termasuk kupon makan. 

TV dan DVD Player di dashboard depan
Minuman botol

Dibawah ini adalah JADWAL DAN TARIF BUS berwarna orange ini, ijin comot dari fan page Sumber Group.


Jadwal bis Sugeng Rahayu Cepat Patas, sumber fanpage Sumber Group

Jadwal bis Sugeng Rahayu Cepat Patas, sumber fanpage Sumber Group
Tarif bis Sugeng Rahayu Cepat Patas, sumber fanpage Sumber Group

Bus beranjak dari terminal Tirtonadi Solo jam setengah 3 siang, penumpang yang telah naik ternyata lumayan juga, saya duduk di baris kedua dari depan sebelah kiri dari sopir.Dari awal terkesan sopir santai dan nyaman sekali dalam mengendalikan armada baru Sumber Grup ini, entah karena masih didalam kota jadi tidak terlalu kencang memacunya. Namun masuk kota Sragen dan lewat jalur alternatif ternyata cara bawa sang sopir ternyata sama, kencang namun sangat terkendali. Salut Pak Sopir dan Sumber Grup :-). 


Interior dalam bus Sugeng Rahayu Patas

Bus dengan ciri khas warna body orange cerah ini dilengkapi dengan toilet di bagian belakang namun hanya untuk "PIPIS" saja, dan saran saya lebih baik anda memilih kursi di bagian depan dan tengah saja, karena beberapa kali pengalaman saya naik bus ini, ada penumpang yang kurang bersih waktu selesai buang air jadi "BAU.....NYA" menyebar kemana mana. [Updated terbaru 2017 tidak semua armada Sugeng Rahayu Patas dilengkapi dengan toilet, hanya untuk trayek trayek tertentu saja]

Mungkin karena capek atau memang kendali Sopir yang enak saya tertidur dan bis telah memasuki kota Ngawi dan lewat restoran "D" tempat dimana armada bus yang lain biasanya rehat.

Ah, baru saya sadar setelah lewat terminal lama Ngawi ternyata bis berbelok ke arah kanan ke arah Maospati bukan lurus ke Karangjati. Sebenarnya akan lebih lebih cepat kalau lewat Karangjati namun jembatan di daerah Muneng masih belum selesai di renovasi. Konfirmasi dari kernet memang bus ini trayeknya lewat Maospati Magetan ke arah Madiun dan bukan lewat daerah Karangjati.  (updated terakhir jembatan Muneng sudah diperbarui, bis EKA Cepat sudah melalui jalur tersebut)
Menu prasmanan (kurang variatif, maaf hampir sama setiap kali kunjungan)
Akhirnya jam 6.15 malam bus sampai di tempat rehat di daerah Caruban. Tiket makan yang menyatu dengan tiket bis bisa ditukar dengan makanan yang dihidangkan dengan bentuk prasmanan, bebas sih memilih dan mengambil sepuasnya, kebetulan menu yang ada nasi putih, mie goreng, sayur lodeh, tahu goreng, potongan nugget, krupuk, teh dan es, serta potongan kecil puding sebagai menu penutup. 

Model makan servis bus Sugeng Rahatu Patas ini adalah prasmanan "Bebas Ambil Sendiri" namun sajian dan menu makanan bagi saya sedikit kurang memuaskan. [Updated terbaru, bulan Januari kemarin saya sempat naik Sugeng Rahayu Patas dari Semarang ke Surabaya dan syukurlah ada perubahan rasa di masakannya, lebih enak dan terasa bumbunya]

Itulah pengalaman saya naik bus SUGENG RAHAYU CEPAT, overall saya puas :-) dengan pelayanan yang diberikan dari segi armada dan kenyamanan di dalam bus, adapun yang perlu menjadi bahan perhatian menurut saya adalah menu makanan di area rehat, yang perlu diberi sedikit variasi dan rasanya.

PO Sumber Group memiliki kantor dan garasi seperti dibawah ini:
Alamat: JL. Sidorejo, Km 25, Krian  Telepon:(031) 8973558, 8973559 atau SMS di 08155104883

Jangan lupa di shared sama like ya, kalo suka dengan artikel saya. Thanks


Comments

Post a Comment

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau spam. Terima kasih

Popular posts from this blog

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

Selimut fasilitas bus EKA Menyambung artikel sebelumnya yakni trip report naik bus EKA dari Solo ke Purbalingga di akhir perjalanan ketika bus sudah memasuki wilayah kabupaten Purbalingga kondektur mulai membersihkan kursi dan merapikan kembali selimut selimut yang disediakan khusus bagi penumpang.  Setahu saya hanya armada bus EKA tertentu saja yang dilengkapi dengan fasilitas tambahan selimut. Selimut yang disediakan menurut saya cukup bagus dan menarik. Dengan warna menarik dan bahan lembut dan hangat tentu memancing "gairah nakal" tersendiri bagi oknum penumpang.  Ketika kondektur telah sampai di kursi bagian depan dia pun berkata kepada sang sopir. Pak selimute ilang siji maneh! Pak selimutnya hilang lagi satu. Kemudian saat kondektur kembali ke kursinya mulai terdengar percakapan mereka berdua mengenai hilangnya selimut tersebut. Sang kondektur sambar atau mengeluh ini adalah selimut kedua yang hilang dalam kurun satu bulan terakhir. Harga satu selimut itu lu

NAIK ANGKOT APA YA??? DARI STASIUN GUBENG KE TERMINAL BUNGURASIH

Stasiun Surabaya Gubeng Baru Bagi anda yang pertama kali datang ke kota Surabaya dengan menggunakan kereta api, anda harap perhatikan hal ini. Ada dua stasiun besar di Surabaya yakni, Stasiun Gubeng melayani jalur lintas Selatan dan Stasiun Pasar Turi yang melayani jalur lintas Utara.  JALUR LINTAS SELATAN kereta yang mengarah ke Banyuwangi, Malang, Kediri, dan Jakarta (lewat Madiun, Solo dan Jogjakarta), sedangkan  JALUR LINTAS UTARA  (kereta yang mengarah ke Lamongan, Babat, Bojonegoro, dan Jakarta (lewat Semarang).  Sejak tahun 2013 semua kereta api Ekonomi, Bisnis dan Ekskutif berjalan langsung di Stasiun Wonokromo alias tidak berhenti di Wonokromo lagi, jadi sekarang semua kereta api terakhir berhenti di Surabaya Gubeng. Ini jelas agak merepotkan apalagi bagi anda yang ingin melanjutkan perjalanan ke arah Sidoarjo atau ke terminal Bungurasih . Stasiun Surabaya Gubeng Lama Namun perlu anda tahu sebelumnya kenapa ada Stasiun Gubeng Baru dan Stasiun Guben

SMOKING ROOM di bandara Juanda

Smooking room di terminal 1 bandara Juanda  Area merokok di bandara Juanda Surabaya -  Tak mudah sekarang bagi para perokok mencari tempat yang nyaman untuk merokok, apalagi di bandara udara. Kenyataannya memang demikian, sebagai seorang perokok saya juga “Tahu Diri” untuk merokok di tempat yang telah disediakan. Nasib perokok, tambah terjepit karena ruang bebas merokok yang disediakan sangat sempit dan terbatas, padahal jumlah perokok yang berada di ruangan tersebut melebihi kapasitasnya. Kalo sudah demikian saya mesti mengalah daripada bisa “mati berdiri” terpanggang asap rokok hehehehe. Di postingan saya sebelumnya SMOKING ROOM di bandara Soekarno Hatta terminal 1 A, ternyata pihak bandara lebih bijak dengan menyediakan taman di tengah tengah gate sebagai area merokok. Ini tentunya lebih “manusiawi” karena para perokok termasuk saya bisa menikmati “hobby” tersebut dengan nyaman dan tidak tersiksa. Smoking pot di bandara Juanda Lain halnya dengan di bandara Juanda