BERAPA BIAYA DAN LAMA TRANSFER UANG DARI LUAR NEGERI KE REKENING BANK BCA???

Bukti transfer uang dari luar negeri
Selama hampir 4 tahun lamanya saya bekerja freelance atau pekerjaan sampingan sebagai quality control dimana agent yang saya wakili berada di Shenzhen China. Hampir dalam seluruh kurun waktu tersebut bayaran atau fee yang saya terima dikirim lewat bank transfer atau transfer antar rekening bank.

Untuk transfer uang antar negara akan dikenakan biaya atau potongan transfer. Besarnya biaya tersebut biasanya berdasarkan banyaknya nominal uang yang ditransfer karena perhitungannya didasarkan atas prosentase. Sebagai contoh, selama ini jika saya menerima uang sejumlah $900 US maka jumlah potongan biaya transfer adalah $20 US atau kurang lebih 4-5% dari nominal transfer. Sedangkan nilai rupiah yang saya terima karena saya menggunakan rupiah akan langsung dikonversikan ke kurs dollar AS yang berlaku hari itu.

Sejauh ini tidak ada permasalahan berarti baik itu dari pihak saya maupun pihak pengirim yakni klien saya. Uang yang saya terima biasanya akan masuk ke rekening bank saya setelah sehari pemberitahuan dari klien bahwa mereka sudah melakukan proses transfer uang. Menurut pengalaman saya bila klien mengirim email pemberitahuan bahwa transfer sudah dilakukan maka keesokan harinya setelah makan siang maka uang sudah berada di rekening tabungan saya.

Ini berlaku saat hari kerja yakni Senin sampai Kamis, namun jika transfer dilakukan hari Jumat maka mau tak mau uang tersebut baru akan sampai di rekening kita pada hari Senin setelah makan siang. Begitu juga saat menjelang hari hari libur di Indonesia maka proses transfer atau sampainya uang ke rekening kita akan menjadi lebih lama tergantung selesainya saat liburan atau saat bank mulai aktif kembali.

Sebagai informasi tambahan bank yang saya gunakan adalah BCA, syukur selama ini proses transfernya cepat dan tidak ada kendala yang saya alami. Asalkan syarat syarat yang diminta klien kita dalam proses transfer antar bank antar negara benar dan komplet. Data data yang biasa diminta dalam proses transfer uang antar negara tersebut antara lain:
1. Nama lengkap sesuai dengan nama di rekening bank kita
2. Nomer rekening bank
3. Swift code rekening bank [baca selengkapnya disini]
4. Kode bank [baca selengkapnya disini]

Jika keempat data data tersebut benar dan sesuai maka proses transfer tidak akan mengalami kendala, maka pastikan dulu semua data tersebut benar sebelum melakukan transaksi.

Satu informasi tambahan, proses transfer uang antar negara mungkin akan butuh waktu yang berbeda beda setiap banknya, saya hanya memiliki pengalaman dengan bank BCA saja sedangkan bank bak lain belum pernah.

Jadi jika anda mendapat kiriman uang dari luar negeri namun menggunakan rekening bank selain BCA bisa jadi prosesnya memakan waktu yang sama atau lebih lama. 

Reaksi:

60 comments:

  1. bagaimana Pak, sudah ketemu bank apa yg lebih murah biaya nya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mestinya Paypal lebih murah Mas, tapi harus pake VCC segala ribet. Mestinya pake Western Union lebih mudah dan murah

      Delete
  2. pak, itu orang china transfer ke bapak lewat BCA hanya perlu nama sama nomer rekening ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Pak, tapi anda juga perlu cantumkan swift code atau kode bank, kalo BCA 014

      Delete
    2. Ralat Pak, anda harus juga cantumkan swift code untuk BCA adalah CENAIDJA, dan code bank BCA 014, semoga bermanfaat

      Delete
  3. Pak itu kerjanya apa ya? Saya sedang mencari pekerjaan sampingan, bisa bantu saya? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerja saya auditor Mas, sampingannya jadi Blogger. Kalo Mas hobby menulis, segera bikin Blog dan buat artikel artikel menarik dan monetisasi Blog nya.

      Delete
  4. Mau Tanya Pak,

    Saya dapat transferan dari India, berupa USD, dan klien transfer dari bank responden, OCBC Singapura, ke Bank Lokal, BCA. Transfer dilakukan pada tanggal 14 Maret 2016, tapi sampai sekarang belum masuk ke rekening saya. Kalau boleh tahu, biasanya berapa hari atau maksimal berapa hari yang dibutuhkan untuk masuk ke rekening saya?

    Terimakasih
    Amin Tohari

    ReplyDelete
  5. Mas Amin, pengalaman selama ini kalo klien saya dari China transfer paling lama 2 hari sudah masuk rekening BCA saya, saran saya coba cek n minta screen shot atau print bukti transfer dari klien Mas. Siapa tahu dia yg nakal belum kirim? Kalo memang sudah dapat bisa check ke customer service BCA no transfer nya apa sudah di proses belum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas responnya, Pak.

      Klien sudah mengirim screen shoot transferan, ada no. referensi juga. Saya juga sudah kirim email ke bank yang bersangkutan, OCBC, tapi mereka minta yang transfer uang untuk telepon pihak bank.

      Oh ya, apakah Alamat tempat tinggal yang tidak sesuai dengan alamat yang didaftarkan di bank lokal juga ambil bagian dalam masuk dan tidaknya transferan?

      Terimakasih

      Delete
  6. Sejauh yg saya alami, harusnya tidak menjadi masalah Pak, karena data yg terpenting adalah nama, no rek sesuai nama, swift code bank n kode bank yg benar itu saja tanpa menyangkut pautkan alamat di rekening dengan alamat domisili, anda coba saja ke kantor pusat OCBC untuk lebih jelasnya

    ReplyDelete
  7. Pak bila saya punya modal di Luar Negeri dan dalam tempo 8 tahun keuntungannya ditransfer ke saya sebesar 1,6 M rupiah kira2 dipotong BCA berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh untuk nilai transaksi sebesar itu saya tidak tahu Mbak Lala, karena pihak Bank akan lebih berhati hati untuk transaksi keuangan dengan jumlah besar

      Delete
  8. Siang Pak,
    itu untuk code bank BCA and juga swift code bank BCA apakah sama untuk seluruh Indonesia?
    Thank you buat feedbacknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk swift code sama semua, tapi untuk kode bank BCA normalnya adalah 014 namun 3 digit belakang adalah kode kantor cabang BCA

      Delete
  9. Maaf pak... adakah rekomendasi dr bpk untuk bank selain bca yg potongannya lbh ringan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah untuk Bank lain saya kira rate biaya nya saya tidak tahu, tp terakhir ini saya menggunakan Paypal sebagai alat transaksi saya dan lebih murah biayanya.

      Delete
  10. malam mas, kasus saya adalah ... dia (barcelona) mau bayar desain saya pake euro, setelah saya kasih alamat paypal dia gak punya maka dia minta no akun IBAN, maksudnya apa ya?
    nah kalau saya kasih norek BCA format nya bagaimana
    terima kasih!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya BCA belum punya IBAN number, cukup kasih aja no rekening sama swift code dan kode Bank BCA, CENAIDJA 014 lalu no rekening...

      Delete
  11. Siang mas,
    mau nanya dong

    kalo kita dapet transferan dari luar negrinya berbentuk mata uang asing (ke BCA)
    apakah itu otomatis di konversikan ke dalam rupiah?
    atau masih berbentuk mata uang asing itu? (misalkan saya tidak mau di konversikan ke dalam rupiah)
    Lalu bagaimanakah mengecek saldo dari transferan itu yang berbentuk mata uang asing? (khususnya di BCA)

    Trims :D

    ReplyDelete
  12. Siang Mas, uang transfer langsung dikonversikan ke rupiah berdasarkan rate BCA, kalo pengen masih dalam bentuk dollar anda harus buat rekening BCA dollar, karena saya pake bca rupiah saya hanya tahu nilai rupiah yang ditransfer, untuk potongan biaya BCA tidak transparan hal tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. ohh begitu?
      saya kira ntar jadinya ada 2 bentuk mata uang di tabungan saya..

      saya juga belum buat rekening BCA dollar, mungkin sepertinya langsung di konversikan ke rupiah ya?
      terimakasih banyak ya atas penjelasannya.Mantap!


      ngomong ngomong mas, kalo swift code BCA itu "CENAIDJA" saja, ato perlu dengan angka "CENAIDJA 014" ?
      ato sama saja ya?

      Delete
    2. Beda Mas, swift code BCA adalah CENAIDJA, sedangkan kode bank BCA 014, swift code hanya diperlukan untuk transaksi perbankan antar negara :-) setahu saya sih

      Delete
    3. ohh.. saya kira sama mas.. ahahaha
      makasih banyak ya, saya jadi belajar lebih banyak nih

      Delete
  13. Halo mas, salam kenal sebelumnya.
    mau tanya mas saya sudah 9 hari belum terima transfer dari bank prancis. terhitung dari jumat tgl 10. saya takut, tapi informasi saya sudah informasikan jelas, swift code, kode bank, no rkening, dan atas nama. kira kira kalau mau claim, maksudnya untuk sekedar tanya itu boleh kan mas ? lalu untuk nanya itu harus ke bank tempat kita pertama kali daftar atau boleh kantor umum sekaligus ? trimksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya yg perlu anda tanya dulu yakni pihak pengirim, apa benar sudah di transfer uang anda. Kalo data anda sudah benar semua jika anda memakai rekening BCA harusnya 2 hari uang sudah masuk ke rekening anda.
      Jika si pengirim sudah benar transfer dan belum juga masuk k rekening anda, sebaiknya anda tanya di kantor pusat Bank yg bersangkutan.

      Delete
  14. Mas, mau tanya,


    Saya belum begitu paham tentang Paypal, setahu Saya kalau ada peraturan harus min. 60 hari jdi member paypal baru bisa narik uang. Kalau Saya belum 60 hari menjadi anggota di Paypal, apakah bisa memindahkan nominal uang di akun paypal ke rek bank?

    Dan selain peraturan 60 hari itu, apakah harus ada min. 5 transaksi lainnya -barulah uang di paypal dapat dipindahkan ke rek bank kita? Benarkah gitu?

    Bisakah Mas sharing tentang pengalaman mas menggunakan paypal? untuk biaya2 nya, dan berapa hari lamanya baru bisa pindah uang di akun paypal ke rek bank kita, dan info ttg konversi nilai kurs nya berapa dan info2 penting lainnya .

    Juga, Apakah setelah uang di akun Paypal, kita pindahkan ke rek bank - akan dikenakan biaya penarikan? Kalau ada, berapa biayanya? Dan apakah ada batas maksimal penarikan di bank?

    Terima kasih.
    Saya tunggu balasannya ya, Mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berdasarkan pengalaman saya, akun paypal milik saya adalah berstatus belum terverifikasi. Untuk proses verifikasi harus menggunakan kartu kredit atau VCC yang banyak dijual di internet.
      1) Paypal milik saya bisa digunakan untuk menerima pembayaran dari klien saya di luar negeri tanpa harus menunggu waktu 6 bulan umur paypal atau 5 kali transaksi spt yg anda sebutkan.
      2) Untuk bisa withdraw atau menarik uangnya ke rekening Bank saya butuh waktu 14 s/d 21 hari (status di saldo paypal masih PENDING atau belum masuk di BALANCED SALDO), hal ini karena status yang belum terverfikasi. Namun jika status Paypal anda sudah terverifikasi begitu anda menerima pembayaran maka saldo di akun paypal anda akan langsung masuk dan tidak di PENDING.
      3) Untuk proses menarik uang dari paypal hingga masuk ke rekening Bank kita hanya butuh waktu 2 hari kerja saja.
      4) Biaya yang dikenakan bisa saja bervariasi tergantung nominal $ yang kita terima. Untuk kasus saya, saya terima uang $120 oleh paypal dipotong sekitar $5.5 saja.
      5) Jika uang yg hendak di tarik atau pindah dari paypal ke rekening Bank anda kurang dari 1.5 juta rupiah anda akan dikenakan bea tambahan sebesar Rp 16.500,- jika lebih dari 1.5 juta tidak dikenakan biaya.
      6) Batas minimal penarikan adalah $10 dan maksimal $10.000
      7) Untuk kurs konversi dollar ke rupiah mengikuti kurs Paypal bukan kurs Bank (kurs paypal lebih kecil dari kurs Bank yg berlaku)
      8) Berdasarkan pengalaman saya total potongan transaksi di paypal lebih kecil daripada saya transfer lewat wire transfer (transaksi bank pada umumnya)
      9) Selamat mencoba, Jika anda kurang jelas saya dengan hati akan menjawabnya

      Delete
  15. Pak aku mau nanya detail soal paypal bisa? Saya juga freelancer dan lagi ribet urusin rekening bank BCA konek ke Paypal. Bisa minta kontak nya?

    ReplyDelete
  16. kalo transfer dari payoneer ke BCA, kena biaya berapa pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah maaf kurang tahu , saya sebenarnya punya Payoneer tp gak pernah dipake

      Delete
  17. klo masalah biaya.. ( biasanya namanya biaya bank koresponden ) itu bebas alias bisa pilih mau dibebankan ke pengirim atau penerima..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya itu benar Gan,beban biaya khan saya tulis berdasarkan saya sebagai penerimanya

      Delete
  18. selamat malam gan ane mau tanya ane nunggu transfer dana dari iras di singapore dan sudah di acc dari pihak iras di hari jumat tgl 10 maret ane dapet waiting listnya katanya paling kliring memakan waktu 2 hari untuk sampai ke rek bca saya ternyata saya lupa di bawah ada ketentuan harus konfirmasi ke manisty of power di singapur, berapa lama saya harus menunggu transfer dari sana yaa ? apakah menunggu 2 hari untuk sampai ke rek bca saya, semua data sudah di acc pihak iras. mohon infonya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk transfer dari Singapura saya belum pernah dapat Mas. Tapi mengingat transaksi anda di tgl 10 hari Jumat maka prosesnya baru akan di hari Senin tgl 13 kemarin, dan menunggu waktu 2 hari untuk kliring. Sabar aja Mas pasti nyampek kok uang anda

      Delete
  19. iyaa gan makasi ini udah proses validasi kenapa masih di mintain uang administrasi yaa sama pihak sananya gan sebesar 100$

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama, bukan dimintain tapi memang ketentuan dari perbankan internasional. Dimana setiap transaksi uang antar negara dikenakan biaya yang besarnya tergantung dari jumlah uang transaksi. Sebenarnya biaya tersebut bisa dibebankan kepada pihak pengirim Gan tapi tergantung mufakat awal.

      Delete
    2. iyaa sii gan abe mesti bayar administrasi validasi kalo itu udah di bayar di hari jumat apakah turunnya juga jumat atau senennya gan ?

      Delete
    3. Kalau dibayar menjelang akhir pekan, pastinya akan dibayar awal pekannya.

      Delete
    4. ow gitu yaa gan yang penting dana masuk aja gan, data di udah lengkap gan swift kode juga udah ada katanya tinggal validasi data dan bayar administrasi aja

      Delete
  20. Permisi.mohon bantuan nya. saya menunggu Code Perivikasi dari Adsense yang dikirim dengan nominal dibawah RP 1000. sampai sekarang setoran percobaan dari adsens belum datang juga. sy menggunakan rekening BRI. sedangkan pesan email dari adsens sudah terus2an memberitahukan utk segera di verifikasy. pleasss tolong...apakah transfer di bawah rp 1000 ke bank bri tidak diperkenankan..????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum Anda dapat menerima pembayaran Google Adsense melalui wire transfer, Google akan meminta Anda melakukan verifikasi, apakah rekening bank yang Anda ketikan di tahapan pertama memang milik Anda atau tidak.

      Mas bro, tahapan ini dilakukan Google untuk memastikan uang tidak dikirimkan ke alamat yang salah.
      Lalu, bagaimana cara melakukan verifikasi bank?
      Setelah menetapkan metode pembayaran di atas, pihak google akan mengirimkan uang dalam jumlah kecil ke nomor rekening Anda. Jumlahnya antara Rp. 100 – Rp. 999 (3 digit). Jangka waktu pengiriman ini berlangsung dari hari ke 1 sampai hari ke 10.
      Jika sudah, cek saldo rekening pada tabungan Anda yang dikirim oleh pihak google, jumlahnya 3 digit (Rp. 100 – Rp. 999), untuk dapat melakukan pengecekan, Anda bisa mengeceknya pada bagian credit tau mutasi (riwayat tranksaksi). Masukkan 3 digit angka tersebut dalam dashboard Adsense di metode pembayaran.
      Jadi coba print out buku rekening atau tabungan anda pasti terdapat transfer dari Google dengan jumlah unik dibawah Rp 1000.-

      Delete
  21. mas mau tanya pihak email bank yang mau vertivikasi mereka minta macem macem ndk, contohnya KTP atau slip salinan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada email dari pihak Bank Gan, baik itu copy KTP atau slip. Verifikasi disini cukup situ masukkan no kartu kredit yang masih aktif.

      Delete
  22. gan mau tanya jika kita dapat kiriman dari luar negeri dengan nomilal $ 72.500 usd apakahbuku tabungan kita mampu menerima uang tersebut atau kita perlu upgrade wester union..tolong balasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buku tabungan anda mampu Mas, namun untuk transaksi atau transfer sebesar itu bijaknya harus dilaporkan ke PPTAK baik dari pihak penerima dan pengirim. Kalau untuk kirim lewat WU dengan nominal sebesar itu saya kurang tahu bisa atau tidak

      Delete
  23. Malam..saya mau bertanya..berapa lama proses pengiriman uang dari luar negeri..?pngrimannny sudah dilakukan tgl 25 juni kmrn..tp smpai skrang blm snpe..kira2 gmna ya?trims...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau boleh tahu kiriman uang dari negara mana dan penerima pakai bank apa? Kalau tgl pengiriman tgl 25 Juni itu khan pas Lebaran dan semua bank di Indonesia aktif baru pada tgl 2 Juli, jadi sabar aja dulu mungkin masih proses kliring.

      Delete
  24. Selamat pagi pak...
    Kwn saya mw kirim uang dri bank swiss ke bank bca milik saya...
    Tpi di formulir'a kwn saya harus mengisi routing code, branch code, zip/postal code...
    Mksd'a gmna ya pak
    Padahal saya sdh ngirim data rek saya lengkap tpi yg kurang itu aja...
    Mhn bntuan' pak...
    Trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Routing code itu sama dengan swift code informasi lengkap banyak di internet, contoh swift code BCA adalah CENAIDJA, branch kode adalah kode cabang bank anda membuka rekening bisa anda cari di internet biasanya terdiri dari 7 angka contoh BCA cab Sidoarjo 0140018, dan zip code adalah kode pos alamat anda sesuai KTP. Semoga bermanfaat

      Delete
  25. Pak saya ingin brtanya .tgl 16agust 2017 kemarin saya dapat kiriman dari korea .kira kira kapan masuknya yah ke atm BCA saya . Dan dia sudah membayar administrasinya sebesar 40 USD .. Apakah akan di potong lagi di indonesia ?? Maaf tolong jawab yah mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya dalam dua hari kerja sudah masuk ke rekening Mbak Maya, sejauh pengalaman saya nanti anda juga akan mendapat potongan dari pihak bank penerima di Indonesia.

      Delete
  26. Kak saya mau tanya, kaka saya kan kirim uang dari arab ke indo 1000riyl, nah waktu itu saya cuma kasih kode BRI aja 002. Itu gimana ya mas? Soalnya belom sampe udah 3 hari. Takut ada salah prosesnya. Soalnya aki ga ngasih swift code nya. Kita harus ke pihak bank, atau cek di Atm biasa aja kak. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, lha kakaknya udh konfirmasi kirim bukti transfernya belom? Kalau transaksi gagal mestinya uang tersebut akan kembali ke kakak anda. Transfernya lewat Bank atau pake WU? Kalau pake Bank data yg diperlukan yakni swift code, kode bank dan no rekening serta nama pemilik rekening.
      Biasanya kalau sy dpt kiriman uang dari luar negeri lewat BCA paling lama 2 hari kerja sdh masuk uangnya.
      Mending tanyain kakaknya bukti transfernya dulu

      Delete
  27. Pak apakah dengan menerima uang itu kita harus membayar uang terlebih dahulu untuk memproses mata uang luar negeri ke rupiah
    ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak perlu Gan, bank akan mengkonversikan langsung mata uang luar negeri tersebut ke rupiah sesuai dengan kurs hari itu, namun ada biaya transaksi yang dikenakan pada penerima yang otomatis dipotong dari uang yg diterima.

      Delete

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau Spam. Terima kasih

IKLAN ANTAR JEMPUT

Popular Posts

Total Pageviews

Indoinspector. Powered by Blogger.

DMCA

DMCA