Biaya hidup di Jakarta 2017 untuk bujangan atau single

19:00

Pemukiman padat penduduk di Jakarta Barat

Sudah lebih dari 5 tahun saya hidup di Jakarta sebagai anak kost. Kebetulan anak dan istri saya masih tinggal di kampung halaman, dan dengan berbagai alasan saya tidak memboyong mereka untuk ikut tinggal di Jakarta. Karena sudah terbiasa menjadi anak kost selama lima tahun terakhir, saya akan berikan sedikit gambaran mengenai biaya hidup per bulan di Jakarta untuk anda yang masih single atau bujangan, mungkin ada beberapa point yang dapat anda hilangkan dan anda tambahkan bila tidak sesuai.


Berikut ini adalah perhitungan biaya hidup yang mesti anda keluarkan per bulan:
  • Kost (sewa kamar 2x3 meter/ kamar mandi luar) 700 ribu
  • Makan (asumsikan paling murah 12 ribu sekali makan, 2x sehari) 720 ribu
  • Biaya kebersihan (sabun, sampo, detergen, dll) 75 ribu
  • Rokok, jajanan, dll  100 ribu
  • Pulsa HP, 100 ribu
  •  Transport (anggap lokasi kerja dekat dengan kost) jadi biaya 0 rupiah, kalo anda harus naik angkot anggap saja ongkos PP 6 ribu rupiah, maka satu bulan ongkos transport 132 ribu
Total = (700+720+75+100+100+132) = 1.827.000 rupiah/ bulan

Biaya hidup di atas saya buat berdasarkan pengalaman dan kenyataan hidup sehari hari, namun tentu saja ini menyesuaikan dengan gaya hidup anda, lokasi kost atau kontrakan, karena di tiap lokasi yang berbeda tentunya biaya untuk sewa kost, makan, dan transportasi akan sedikit berbeda.

Dengan UMR di Jakarta tahun 2016 sebesar 3.35 juta rupiah, mungkin bagi anda para bujangan atau single masih bisa menabung dari sisa gaji anda tiap bulannya.

Namun tentu saja berat bagi mereka yang sudah berkeluarga karena banyak pos pos biaya baru yang meski dialokasikan untuk kebutuhan anak dan istri. Demikian pula dengan teman satu kost saya yang mencoba peruntungan di Jakarta dengan menjadi seorang driver GOJEK. Dia memiliki impian manis mendapatkan penghasilan tinggi dari menjalani profesi sebagai pengojek online GOJEK.

You Might Also Like

3 komentar

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Itu ngekoss nya di Jakarta mana Oom ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Slipi Dalam Gan daerah belakang hotel Peninsula

      Delete

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau Spam. Terima kasih

Artikel Unggulan

PENGHASILAN 100$ PERTAMA DARI PROPELLER ADS

Transfer Propellerads ke akun Paypal saya Sebagai seorang blogger tidak munafik bahwa tujuan saya adalah memonetisasi blog milik saya. ...

DMCA

DMCA