Skip to main content

Artikel Unggulan

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

"Kenapa Susah Mendapat" Tiket Kereta Api Lebaran, Jangan Putus Asa Sobat

Sreen shoot website resmi PT KAI, selalu muncul STATUS "ANDA DALAM PROSES ANTRIAN"

Sekedar mengingat dua tahun yang lalu. Malam itu tepatnya 2 April 2016, PT KAI akan mulai menjual tiket kereta api untuk Lebaran semua jurusan dan penjualan pada hari ini diperuntukkan untuk keberangkatan tanggal 1 Juli 2016 atau H-5 Lebaran. Tidak seperti tahun sebelumnya kebetulan saat ini saya sedang berada di Surabaya dan telah bersiap memesan tiket untuk lebaran dari Jakarta ke Surabaya.

Tahun kemarin sudah sangat susah untuk mendapat tiket kereta api ekonomi Lebaran incaran saya yakni KA Kertajaya dengan jurusan Stasiun Pasar Senen ke Stasiun Pasar Turi, namun masih bisa saya dapatkan untuk H-7 keberangkatan walaupun dengan susah payah lewat aplikasi android KAI Access di telepon seluler.

Namun apa yang terjadi malam ini atau satu setengah jam yang lalu membuat saya berpikir ulang yakni bertambah sulitnya memesan tiket kereta api secara online. Berbagai macam TIPS UNTUK MENDAPATKAN TIKET  KERETA API LEBARAN telah saya baca di internet. Saya sudah siapkan alarm untuk membangunkan saat jam dua belas malam kurang beberapa menit saja. Dua buah telepon genggam dan satu buah laptop sudah saya siapkan sebagai senjata perburuan tiket Lebaran ini, namun apa yang terjadi sungguh di luar dugaan.

Pas jam dua belas tengah malam tanggal 2 April ini, saya coba segera mengakses aplikasi android KAI Access ternyata aplikasi di HP tersebut tiba-tiba terhenti dan tidak bisa melanjutkan ke proses pemesanan. Saya sangat kuatir jika kehabisan tiket kereta api Lebaran 2016, maklum kereta api selama ini menjadi moda transportasi favorit saya.

Begitu juga dengan website resmi KAI yang saya akses lewat laptop, tiba-tiba muncul pemberitahuan bahwa proses pemesanan tiket saya sedang dalam antrian dan disertakan pula 3 channel/link alternatif lain jika hendak melanjutkan pemesanan, namun apa dikata, begitu saya klik salah satu link antrian ternyata browser internet saya hanya berputar putar saja dan tidak menemukan link tersebut. Hal ini berbeda dengan tahun kemarin dimana begitu kita membuka situs resmi PT KAI yang muncul adalah peringatan ERROR 404 BAD GATEWAY, setali tiga uang saja ini namanya.
Sreen shoot website resmi PT KAI, selalu muncul STATUS "504 Gateway Time Out"
Akhirnya saya putuskan untuk lebih berkonsentrasi saja mencari tiket lewat aplikasi telepon seluler saja, berkali-kali aplikasi tersebut ERROR saat akan masuk ke sistem, namun setelah 10 menit berlalu perlahan-lahan aplikasi tersebut dapat dibuka. Namun begitu kita memasukkan stasiun keberangkatan dan tujuan serta tanggal keberangkatan dan memulai proses BOOKING hasilnya CEK KONEKSI INTERNET ANDA. Padahal saya coba membuka situs lain lewat HP tidak ada masalah.

Tidak putus asa saya mencoba berulang berulang, kali ini proses pertama dapat terlewati dan mulai terlihat bahwa kursi KA Kertajaya incaran saya ZONK alias kursi tidak tersedia, saya alihkan perhatian ke kursi kereta bisnis seperti KA Jayabaya dan KA Gumarang ternyata harga kursi termurah sudah habis untuk kelas bisnis ini saya hanya melihat sekilas di KA Jayabaya ada kursi termurah dengan harga 385 ribu yang masih banyak tersisa, saya segera booking saja dan lanjut ke proses pemilihan pembayaran, disini selama beberapa kali saya gagal. Jam sudah menunjukkan 20 menit lebih dari tengah malam. Saya mulai khawatir tidak akan mendapatkan tiket kereta untuk mudik, namun akhirnya satu tiket dapat saya PESAN.

Namun apa yang terjadi begitu selesai proses dan saya membuka History atau Riwayat pemesanan ternyata tiket yang sudah selesai saya pesan tidak muncul kode pembayaran Banknya, ini berarti ada proses yang error atau tidak selesai selama pemesanan online berlangsung. Saya tidak berputus asa, lagi dan lagi saya coba, akhirnya satu tiket KA Jayabaya ekonomi untuk Lebaran 2016 dengan harga 385 ribu dapat saya booking dan saya dapatkan kode pembayarannya.

Saya segera keluar rumah mencari ATM BCA terdekat, dan begitu sampai di ATM apa yang terjadi saya takut seperti tahun lalu dimana kode pembayaran yang saya dapat dinyatakan ERROR semua dan itu berarti tiket tidak dapat saya pesan, Dan ternyata BENAR dua kali mencoba di satu mesin ATM hasilnya transaksi dinyatakan GAGAL. Saya sempat STRESS, namun saya coba beralih ke mesin ATM sebelah dan dengan cepat saya masukkan kode pembayaran tanpa jeda dan tanpa ada kesalahan nomer. Dan alhamdulillah, print out pembayaran kereta api Lebaran saya keluar sudah untuk keberangkatan tanggal 1 Juli 2016.
Bukti Pembayaran Tiket Kereta Api Lebaran 2016

Memang sepenuhnya kita tidak bisa menyalahkan kesalahan pada sistem server PT KAI, namun dengan belajar banyaknya komplain dari masyarakat mengenai susahnya mendapat tiket kereta api terutama di saat saat hari Libur terutama Lebaran, seharusnya PT KAI memperbaiki server induk mereka agar pada saat jutaan calon penumpang meng HIT atau masuk ke sistem mereka secara bersamaan sistem tidak menjadi DOWN dan ERROR. Namun jangan sampai ada "Permainan" dari oknum-oknum tertentu (calo-calo tiket) yang membuat masyarakat kesulitan untuk mengakses dan menikmati layanan publik ini, kita ini satu bangsa dan satu negara, jangan sampai kepentingan segelintir orang membuat susah orang banyak.

Sebenarnya ada cara mudah untuk mengetahui kecurangan ini, bila ada pihak yang bisa mengaudit PT KAI dan agen agen travel penyedia tiket kereta api secara online ini, bisa kita lihat dan bandingkan dari IP atau link mana yang paling banyak menyedot kursi atau bangku kereta. Lebih banyak dari milik pribadi atau dari travel travel/ jalur jalur lainnya. Hal tersebut sangatlah mudah dilakukan apalagi banyak ahli IT yang saya kira mampu melakukan hal tersebut.

Namun bagi anda calon penumpang yang hendak berusaha mendapatkan tiket kereta api Lebaran 2016 jangan berputus asa, biasanya banyak muntahan tiket yang kembali tersedia setelah 3 jam dari jam 12 malam yakni jam 3 pagi, dimana orang yang terlanjur memesan tiket kereta namun tidak bisa melanjutkan ke proses pembayaran maka tiketnya akan hangus dan bisa diperebutkan kembali.

Tetap Semangat Sobat, buru tiket kereta lebaranmu :-)

Tags: "TIPS JITU" CARA DAPETIN TIKET KERETA API LEBARANBAYAR TIKET KERETA DI ATM BCACARA CETAK TIKET KERETA SENDIRIHAL PENTING PADA PEMESANAN TIKET SECARA ONLINE, PEJUANG PJKA, KEJADIAN UNIK DI KERETA API, LARANGAN DI DALAM GERBONG KERETA API, Tips Naik Kereta Api Ekonomi Jarak Jauh, Alasan Kenapa Naik Kereta Api lebih Asyik, Cara Membatalkan dan Merubah Jadwal Tiket KeretaHarga Makanan dan Minuman di Kereta ApiTips Memilih Kursi Favorit di Kereta Api

1. Hadehh,,sy psn bwt tgl 1 ato 2 ga dpt"...kai oh kai.

2. mantap informasinya, semoga sukses untuk beli tiket kereta.

toko souvenir kediri jatim

3. Thanks atas kunjungannya mas Andi, coba saja trik dari saya yakni booking lagi pada jam 3 pagi tepat disaat banyak tiket muntah karena belum terbayar

4. Sudah dicoba jam 3 tetap aja kursi hbs...tak masuk akal hbs dlm 5 menit...mungkin kursinya dimakan buto ijo yg lapar dan tamak

1. Coba sering sering refresh dan lebih telaten aja cari cari tiket yang muntah :-)

5. saya ngantri depan 2 komputer dengan kecepatan akses di atas 10 mbps tetap aja habis kurang dari 15 menit..aneh bin nyata...

1. Dicoba juga lewat aplikasi android di HP mas, jangan putus asa

6. saya sudah coba sampai begadang.. jam 12 sistem error.. sejam dua jam kemudian bisa masuk namun tiket sudah habis terjual... tolong lah KAI bukannya mempermudah malah mempersulit.. jadi gak percaya...

1. Mbak Tirza, sejauh pengalaman saya, tahun ini pemesanan tiket kereta Lebaran tersulit, 5 tahun sebelumnya saya selalu dapat tiket kereta ekonomi idaman saya, namun tahun ini saya hanya bisa dapat kelas bisnis. Namun ada trick yang patut dicoba, saya khan sering sekali booking tiket kereta secara online jadi kemungkinan record saya ada di database KAI, jadi persentase dapat tiket kereta Lebaran jauh lebih besar (itu hanya asumsi saya saja sih :-)

7. Saya sudah tiga tahun ini selalu berhasil mendapatkan tiket kereta secara online dengan laptop dan jaringan internet menggunakan modem usb. Memang musti penuh dengan kesabaran.coba terus dan tetap tenang. satu lagi saat memilih metode pembayaran akan lebih baik menggunakan metode transfer atm. karena saya mengalami gagal koneksi ketika memilih metode pembayaran e pay .akhirnya tidak bisa bayar walaupun kita telah memperoleh kode bayar. Jika menggunakan metode transfer atm kita dapat membayar lewa atm maupun supermarket seperti indomaret dan alfamart. Saya berhasil mendapatkan tiket untuk mudik tgl 3 July 2016 malam ini. selamat berjuang jangan patah semangat.

1. Mas Erlangga benar sekali, dibutuhkan kesabaran tingkat tinggi dan tentunya jaringan internet kelas "SUPER" untuk melawan hantu hantu ERROR DAN BAD GATEWAY, ini hanya asumsi saya ada kompetisi yang tidak sehat dalam persaingan mendapat tiket kereta Lebaran, yakni dengan oknum oknum yang pingin mengambil keuntungan lebih dari momen tahunan seperti ini.

8. permainan pihak kereta api ini, tiket jkt-bdg baru 30 detik aja tepatnya jam 00.00.30 tiket dgn tarif bawah habis semua yang tersisa cuman tiket tarif atas saja. Memang di tutup dari pihak kereta api, dan sengaja di jual tiket termahalnya saja

1. Mas Hendra, sebagai konsumen di Indonesia memang hak hak kita kurang terlindungi apalagi oleh perusahaan yang bersifat Monopoli. Mudah mudahan ke depan ada transparasi dari PT KAI mengenai hal ini. Saya dan anggota "Komunitas PJKA" mungkin akan berteriak dan menyampaikan aspirasi dan keluhan mengenai Susahnya Mendapat Tiket Kereta Api Lebaran.

9. Maaf, Seharusnya kejadian ditahun 2014 s/d 2015 itu sdh menjadi Acuan KAI utk memperbaiki Sistem. tp ya memang tdk bs dipungkiri. Siapa yg tak kenal Uang...??? apalagi tiket Musim Lebaran. Jawabannya < coba tanya pada rumput yg bergoyang.

1. Uang memang mengubah segalanya Mas Frasetyo heheeh

10. Kalo beli cuma 1 tiket mah masih ada peluang pake laptop / hp di rumah aja..
    Tapi kalo beli 2 tiket / lebih sebaiknya pake travel resmi rekanan PJKA, mereka cara kerjanya menginput list calon penumpang lengkap dengan NO ID masing dan tujuanya save di sistim, ketika jam 00.00 WIB tinggal enter deh makanya servernya lemot kalah sama mereka, gak sampe 5 menit tiket ludes hahaha..

Nah yang sampe skrg gw gak sreg sama PJKA dia gak mau tuh open report lokasi penjualan terbanyak 5 besar, krn dari situ bisa dijadikan indikasi lokasi mana yang sales tiketnya paling tinggi? Jangan internak PJKA juaranya aliasnya calonya ya orang dalem juga yg jadi biang kerok berkedok tiket online mereka bisa blok sistim, beli tiket duluan dll, sori ya bukanya berburuk sangka tapi kinerja PJKA meg payah bgt sih gak transparan, gemes rasanya pengen diswastakan aja biar maju dan berkembang hehehe (*maaf malah curcol).

Oiya saya jarang pake kereta klo mudik lebaran, lbh suka naik pesawat yang tiketnya bisa dibeli bahkan 6 bln sblm lebaran pake kartu kredit trus dicicil deh 6x pake aplikasi cicilan he3, berkali2 malah dpt harga lbh murah drpd kereta waktu jaman air asia dulu, klo sekarang udah mahal..:(

11. Bener sih, intinya sabar dan semangat. Reload, reload, reload terus entah sampai berapa kali. Mungkin ratusan. Lalu harus ke atm pukul 3 pagi. Tapi alhamdulillah tiket mudik dan balik sudah di tangan. Tetap semangat :)

1. Dua jempol buat Mas, tetap semangat jangan putus asa, tinggal cari tiket balik yg mulai dijual malam ini

12. kalau mencari tiket untuk 1 orang gampang yg penting telaten mantengin saja, tapi kalau nyari tiket untuk 1 keluarga itu yg sulit, dan semoga kereta cepat jakarta bandung, dirubah menjadi jakarta surabaya, biar kalau lebaran gak begitu ribet nyari tiketnya

1. Mudah mudahan harapan kereta cepat Jakarta Surabaya cepat terwujud apalagi kalo tiketnya MURAH xixixi

13. ah..beneraan ini mah om. Begadang di kantor bareng temen-temen demi bisa mudik, strategi diatur sebelum tengah malem. Ngejar tiket eksekutif berangkat dari Gambar tujuan Malang, karena ekonomi udah bakalan habis jadi males ngubernya. Setelah jam 12, ealah...5 komputer pada nyerang web resmi PT KAI + agen tiket online. Seperti yg anda katakan, susaaaaaah yang ada ga dapet kita, hahaha. Jam 2 pagi dengan mata ngantuk salah satu komputer temen nyantol di tiket Bandung-Malang ekonomi, okelah gak masalah yg penting keangkut aja mudik.

Tinggal berjuang 1 tahap lagi buat tiket arus baliknya. Saya rasa gak ada yang perlu disalahkan ya, karena mudik udah jadi tradisi juga buat masyarakat Indonesia khususnya yang muslim, jadi nikmati aja. Toh banyak alternatif lain selain kereta.
    Kadang pengen ketawa aja ada orang yang ngeluh, pengen murah, gak mau susah, gak mau begadang tapi pengen ikutan mudik yang gak macet dan uwel-uwelan di stasiun, terminal dan bandara. hahaha

1. Tetap semangat Mbak Trisna Ayu, dimana ada kemauan pasti ada jalan, walaupun harus beli dari calo atau terpaksa naik pesawat terbang untuk mudik

14. Saya salah satu AGEN RESMI,,harapan saya bisa dengan mudah mengakses untuk mendapatkan tiket saat moment lebaran seperti ini,,tapi nyatanya dari H-10 sampai tadi malampun saya setiap malam setiap hari mantengin depan computer stay dari jam 23.30 sampai 02.30 tetep aja TIDAK ADA SATUPUN TIKET KERETA YANG BISA TERBELI oleh saya.
    Seharusnya pemesanan tiket pada saat moment lebaran seperti ini pihak KAI mempermudah sistem pemesanan secara online tapi ternyata justru AMAT SANGAT MENYULITKAN dan anehnya pemesanan tiket selain moment lebaran dengan mudah saya dapatkan padahal dengan waktu pemesanan yang sama dengan saat moment lebaran.
    Semoga bisa menjadi masukan untuk KAI supaya bisa memperbaiki sistem untuk tahun-tahun berikutnya..trimakasih

1. Thanks Mas Doni atas komentarnya, saya pikir masyarakat umum saja yang susah mendapat tiket KA lebaran ternyata di pihak agent pun juga susah..

15. saya kutip dari tulisan anda : Namun jangan sampai ada "permainan" dari oknum oknum tertentu (calo calo tiket) yang membuat masyarakat kesulitan untuk mengakses dan menikmati layanan publik ini, kita ini satu bangsa dan satu negara, jangan sampai kepentingan segelintir orang membuat susah orang banyak.

serasa di dunia mimpi mau pulang aja ga bisa gara gara oknum. revolusi mental .... mana ... ga ada perubahan

1. Kita cuman bisa berharap Mas semoga tahun depan ada pembenahan di internal PT KAI agar masalah ini bisa teratasi, kita sebagai konsumen juga harus kritis dengan menyampaikan kritik dan saran ke pihak bersangkutan

2. percuma saja,, sudah berakar serabut, sulit dirubah kecuali di buang tuh orang.

3. Ya, uang memang mengubah segalanya Mas

16. mantappppp.....mksih infonya gann,,,salam sedulur sepur...
    skalian bagi info,,,,,,
    buat anda semua yg ingin di bantu dalam pencarian tiket kereta api berbagai tujuan kapanpun dan kemanapun..silahkan WA: 085711759464

17. gw rasa mang ada oknum ni mah!

1. Saya tidak berpikiran buruk, namun dilihat dari sisi bisnis di saat lebaran memang waktu untuk mendulang keuntungan bagi agen travel dan tiket rekanan PT KAI, jadi mungkin saja akses bagi mereka disediakan jalur atau gate sendiri dengan kuota yang ditentukan. Sedangkan sisanya diperebutkan masyarakat umum.

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau spam. Terima kasih

Popular posts from this blog

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

Selimut fasilitas bus EKA Menyambung artikel sebelumnya yakni trip report naik bus EKA dari Solo ke Purbalingga di akhir perjalanan ketika bus sudah memasuki wilayah kabupaten Purbalingga kondektur mulai membersihkan kursi dan merapikan kembali selimut selimut yang disediakan khusus bagi penumpang.  Setahu saya hanya armada bus EKA tertentu saja yang dilengkapi dengan fasilitas tambahan selimut. Selimut yang disediakan menurut saya cukup bagus dan menarik. Dengan warna menarik dan bahan lembut dan hangat tentu memancing "gairah nakal" tersendiri bagi oknum penumpang.  Ketika kondektur telah sampai di kursi bagian depan dia pun berkata kepada sang sopir. Pak selimute ilang siji maneh! Pak selimutnya hilang lagi satu. Kemudian saat kondektur kembali ke kursinya mulai terdengar percakapan mereka berdua mengenai hilangnya selimut tersebut. Sang kondektur sambar atau mengeluh ini adalah selimut kedua yang hilang dalam kurun satu bulan terakhir. Harga satu selimut itu lu

NAIK ANGKOT APA YA??? DARI STASIUN GUBENG KE TERMINAL BUNGURASIH

Stasiun Surabaya Gubeng Baru Bagi anda yang pertama kali datang ke kota Surabaya dengan menggunakan kereta api, anda harap perhatikan hal ini. Ada dua stasiun besar di Surabaya yakni, Stasiun Gubeng melayani jalur lintas Selatan dan Stasiun Pasar Turi yang melayani jalur lintas Utara.  JALUR LINTAS SELATAN kereta yang mengarah ke Banyuwangi, Malang, Kediri, dan Jakarta (lewat Madiun, Solo dan Jogjakarta), sedangkan  JALUR LINTAS UTARA  (kereta yang mengarah ke Lamongan, Babat, Bojonegoro, dan Jakarta (lewat Semarang).  Sejak tahun 2013 semua kereta api Ekonomi, Bisnis dan Ekskutif berjalan langsung di Stasiun Wonokromo alias tidak berhenti di Wonokromo lagi, jadi sekarang semua kereta api terakhir berhenti di Surabaya Gubeng. Ini jelas agak merepotkan apalagi bagi anda yang ingin melanjutkan perjalanan ke arah Sidoarjo atau ke terminal Bungurasih . Stasiun Surabaya Gubeng Lama Namun perlu anda tahu sebelumnya kenapa ada Stasiun Gubeng Baru dan Stasiun Guben

SMOKING ROOM di bandara Juanda

Smooking room di terminal 1 bandara Juanda  Area merokok di bandara Juanda Surabaya -  Tak mudah sekarang bagi para perokok mencari tempat yang nyaman untuk merokok, apalagi di bandara udara. Kenyataannya memang demikian, sebagai seorang perokok saya juga “Tahu Diri” untuk merokok di tempat yang telah disediakan. Nasib perokok, tambah terjepit karena ruang bebas merokok yang disediakan sangat sempit dan terbatas, padahal jumlah perokok yang berada di ruangan tersebut melebihi kapasitasnya. Kalo sudah demikian saya mesti mengalah daripada bisa “mati berdiri” terpanggang asap rokok hehehehe. Di postingan saya sebelumnya SMOKING ROOM di bandara Soekarno Hatta terminal 1 A, ternyata pihak bandara lebih bijak dengan menyediakan taman di tengah tengah gate sebagai area merokok. Ini tentunya lebih “manusiawi” karena para perokok termasuk saya bisa menikmati “hobby” tersebut dengan nyaman dan tidak tersiksa. Smoking pot di bandara Juanda Lain halnya dengan di bandara Juanda