Skip to main content

Artikel Unggulan

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

TAHU GAK??? "NAIK KERETA API KINI LEBIH ASYIK LHO"

Suasana dalam kereta api Komuter Jenggala

Saya mungkin orang yang beruntung bisa travelling dari satu kota ke kota lain dengan biaya GRATIS karena dibiayai kantor, nah di sela-sela perjalanan dalam pekerjaan tersebut banyak hal-hal unik yang saya temui. Dari banyak perjalanan kantor maupun pribadi saya lebih senang menggunakan kereta api jika jarak perjalanan tidak terlalu jauh dan tidak terlalu diburu waktu. Karena lebih asyik naik kereta jika bepergian dari satu kota ke kota lain di pulau Jawa utamanya.

Berikut beberapa "ALASAN KENAPA NAIK KERETA API KINI LEBIH ASYIK" :

1. Harga Tiket Kereta Lebih Murah
Harga tiket kereta ekonomi jarak jauh tahun 2012
Dibandingkan dengan bus atau pesawat jika bepergian masih di pulau Jawa maka harga tiket kereta api lebih murah walaupun 100% tidak sepenuhnya benar. Pada akhir pekan atau libur panjang harga tiket kereta api kelas eksekutif jurusan Jakarta Surabaya akan sama dengan harga tiket pesawat pada hari biasa. Namun jika kita menggunakan kereta api kelas ekonomi dan bisnis harganya relatif murah.

2. Tiket kereta bisa dipesan ONLINE 3 bulan sebelumnya
Pesan tiket online
Semenjak 2 tahun yang lalu pemesanan tiket kereta bisa dilakukan sebelum 90 hari H keberangkatan, ini merupakan kemudahan bagi penumpang agar bisa merencanakan kepergiannya jauh jauh hari. Selain itu tiket juga bisa ditukarkan atau diganti jadwal keberangkatannya jika kita batal berangkat.

3. Total waktu perjalanan yang hampir sama dengan pesawat terbang

Ini tidak sepenuhnya benar namun sebagai perbandingan ini faktanya naik kereta Jakarta Semarang kelas eksekutif hanya butuh waktu 6 jam, kereta tidak memerlukan check in satu jam sebelum keberangkatan. Sedangkan pesawat kita minimal datang dua jam sebelumnya ditambah waktu tempuh Jakarta Semarang kira kira satu jam setengah itupun kalau tidak delay. Total kira-kira 4 jam, hanya selisih 2 jam dibanding kereta api.

4. Kondisi di dalam kereta kini nyaman bahkan di kelas ekonomi

Suasana dalam gerbong KA Ekonomi Kertajaya
Steker di setiap bangku
Ini memang fakta, kini tidak ada pedagang asongan dan pengamen di dalam gerbong kereta. Setiap gerbong kelas ekonomi kini dilengkapi dengan AC, kondisi toilet yang bersih dan selalu terisi penuh air. Ada stop kontak atau colokan listrik di setiap sisi bangku penumpang. Penumpang kereta api kelas ekonomi dapat tidur nyenyak sepanjang perjalanan karena tidak ada suara berisik yang mengganggu dan hawa sejuk dalam gerbong kereta api.

5. Jadwal Keberangkatan dan Kedatangan Kereta Tepat waktu
Karena berjalan di jalurnya sendiri, kita tidak perlu khawatir kereta kena macet di jalan. Walaupun tidak sepenuhnya benar kadang kereta juga bisa macet apabila lokomotifnya rusak. Namun sekarang jadwal kereta bisa di bilang ON TIME baik keberangkatan maupun kedatangan. Jarang sekali selama dua tahun terakhir perjalanan menggunakan kereta api jarak jauh saya mengalami keterlambatan dalam keberangkatan maupun kedatangan. Beda 15 sampai 20 menit dari waktu yang tertera di tiket mungkin masih bisa di toleransi.

6. Bisa menikmati pemandangan yang indah


Pemandangan di daerah Indramayu Jawa Barat
Kereta api jalur Selatan yakni dari Jakarta yang mengarah ke Purwokerto dan Jogja seperti kereta api GAYA BARU MALAM SELATAN memiliki jalur yang indah karena melintasi perbukitan dan juga terowongan yang panjang, anda bisa menikmatinya di kala perjalanan pagi dan sore hari, sedangkan jalur Utara kita bisa nikmati indahnya pantai Utara Jawa jika anda melewati daerah Pekalongan sampai ke Semarang saat siang dan sore hari.


7. Bisa berjalan-jalan di gerbong dan di stasiun

Suasana Stasiun Besar Ngrombo Purwodadi
Setiap rangkaian Kereta biasanya memiliki 8 rangkaian gerbong anda bisa berjalan melemaskan kaki jika bosan, dan menikmati suasana stasiun saat berhenti naik turun penumpang walaupun tidak terlalu lama.

Itulah kenapa naik kereta lebih asyik jika anda ingin bepergian atau travelling ke luar kota. NAIK KERETA API YUK!!!






Tags: "TIPS JITU" Mendapatkan Tiket Kereta LebaranBayar Tiket Kereta Api di ATM BCACara Mencetak Tiket Kereta ApiHal Penting Pemesanan Tiket Kereta secara ONLINEPejuang PJKAKejadian Unik di Kereta ApiLarangan Dalam Gerbong Kereta ApiTips Naik Kereta Api Ekonomi Jarak JauhCara Membatalkan dan Merubah Jadwal Tiket Kereta ApiHarga Makanan dan Minuman di Kereta ApiTips Memilih Kursi Favorit di Kereta Api

Comments

Popular posts from this blog

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

Selimut fasilitas bus EKA Menyambung artikel sebelumnya yakni trip report naik bus EKA dari Solo ke Purbalingga di akhir perjalanan ketika bus sudah memasuki wilayah kabupaten Purbalingga kondektur mulai membersihkan kursi dan merapikan kembali selimut selimut yang disediakan khusus bagi penumpang.  Setahu saya hanya armada bus EKA tertentu saja yang dilengkapi dengan fasilitas tambahan selimut. Selimut yang disediakan menurut saya cukup bagus dan menarik. Dengan warna menarik dan bahan lembut dan hangat tentu memancing "gairah nakal" tersendiri bagi oknum penumpang.  Ketika kondektur telah sampai di kursi bagian depan dia pun berkata kepada sang sopir. Pak selimute ilang siji maneh! Pak selimutnya hilang lagi satu. Kemudian saat kondektur kembali ke kursinya mulai terdengar percakapan mereka berdua mengenai hilangnya selimut tersebut. Sang kondektur sambar atau mengeluh ini adalah selimut kedua yang hilang dalam kurun satu bulan terakhir. Harga satu selimut itu lu

NAIK ANGKOT APA YA??? DARI STASIUN GUBENG KE TERMINAL BUNGURASIH

Stasiun Surabaya Gubeng Baru Bagi anda yang pertama kali datang ke kota Surabaya dengan menggunakan kereta api, anda harap perhatikan hal ini. Ada dua stasiun besar di Surabaya yakni, Stasiun Gubeng melayani jalur lintas Selatan dan Stasiun Pasar Turi yang melayani jalur lintas Utara.  JALUR LINTAS SELATAN kereta yang mengarah ke Banyuwangi, Malang, Kediri, dan Jakarta (lewat Madiun, Solo dan Jogjakarta), sedangkan  JALUR LINTAS UTARA  (kereta yang mengarah ke Lamongan, Babat, Bojonegoro, dan Jakarta (lewat Semarang).  Sejak tahun 2013 semua kereta api Ekonomi, Bisnis dan Ekskutif berjalan langsung di Stasiun Wonokromo alias tidak berhenti di Wonokromo lagi, jadi sekarang semua kereta api terakhir berhenti di Surabaya Gubeng. Ini jelas agak merepotkan apalagi bagi anda yang ingin melanjutkan perjalanan ke arah Sidoarjo atau ke terminal Bungurasih . Stasiun Surabaya Gubeng Lama Namun perlu anda tahu sebelumnya kenapa ada Stasiun Gubeng Baru dan Stasiun Guben

SMOKING ROOM di bandara Juanda

Smooking room di terminal 1 bandara Juanda  Area merokok di bandara Juanda Surabaya -  Tak mudah sekarang bagi para perokok mencari tempat yang nyaman untuk merokok, apalagi di bandara udara. Kenyataannya memang demikian, sebagai seorang perokok saya juga “Tahu Diri” untuk merokok di tempat yang telah disediakan. Nasib perokok, tambah terjepit karena ruang bebas merokok yang disediakan sangat sempit dan terbatas, padahal jumlah perokok yang berada di ruangan tersebut melebihi kapasitasnya. Kalo sudah demikian saya mesti mengalah daripada bisa “mati berdiri” terpanggang asap rokok hehehehe. Di postingan saya sebelumnya SMOKING ROOM di bandara Soekarno Hatta terminal 1 A, ternyata pihak bandara lebih bijak dengan menyediakan taman di tengah tengah gate sebagai area merokok. Ini tentunya lebih “manusiawi” karena para perokok termasuk saya bisa menikmati “hobby” tersebut dengan nyaman dan tidak tersiksa. Smoking pot di bandara Juanda Lain halnya dengan di bandara Juanda

Archive

Show more