Skip to main content

Artikel Unggulan

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

Cara Mudah Pencairan Klaim BPJS Ketenagakerjaan atau Jamsostek JHT (Jaminan Hari Tua)

Suasana antrian di depan kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Sidaorjo

Baru beberapa jam yakni tanggal 14 Agustus 2016 saya  selesai mengurus pengambilan uang atau klaim JHT untuk BPJS Ketenagakerjaan atau dulu biasa disebut JAMSOSTEK. Prosesnya sangat mudah apabila semua persyaratan terpenuhi dan tidak ada diskrepansi atau perbedaan data kita dengan database dari pihak BPJS. 

Suasana dalam kantor BPJS Ketenagakerjaan di Sidoarjo

Hanya butuh waktu kurang lebih satu jam saja mulai dari penyerahan dokumen hingga proses verifikasi dan klaim. Namun dari awal saya mengantri dari pukul 6 pagi total waktu hanya sekitar 3 jam saja. Karena kantor BPJS cabang Sidoarjo ini baru dibuka pukul 8 pagi, sedangkan proses penyerahan dokumen dan mengambil nomer antrian dibuka pada jam 7 pagi. 

Kartu antrian pengurusan BPJS JHT Sidoarjo

Kebetulan domisili saya sekarang ada di Sidoarjo sedangkan KTP Surabaya, sedangkan tempat saya terakhir bekerja adalah di Jakarta Barat. Saya akhirnya memutuskan untuk mengambil dan mengurus Jamsostek saya di Kantor Cabang BPJS Sidoarjo dengan alamat sebagai berikut: Taman Pinang Indah Dekat HERO Swalayan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61251, Telepon: (031) 8945592 Jam buka08.00–17.00

Kenapa saya memutuskan untuk mengurus di kantor cabang tersebut, padahal sebenarnya di dekat rumah saya Krian juga ada kantor cabang. Dari hasil ngobrol sana sini dengan tetangga saya yang pernah hendak mengurus di dekat rumah ternyata prosesnya agak berlibet dan berakhir dengan kegagalan karena ada satu pending masalah, dan yang kedua kita harus menggunakan bank rekanan yang ditunjuk oleh kantor BPJS tersebut.


Syarat yang harus dilengkapi untuk mengurus pencairan uang JAMSOSTEK atau JHT BPJS ketenagakerjaan ini adalah:
1. Untuk karyawan terkena PHK ataupun mengundurkan diri maka waktu pengurusan atau pengambilan minimal satu bulan setelah tanggal PHK atau pengunduran diri.
2. Untuk pengambilan JAMSOSTEK sebesar 10% minimal masa kerja kita harus 10 tahun lamanya.
3. Untuk karyawan yang termasuk JHT pensiun atau sudah berhenti bekerja karena pensiun maka pengambilan minimal satu bulan setelah tanggal pensiun.

Dokumen-dokumen yang harus dilengkapi adalah:
1. KTP atau paspor asli (plus fotocopy 2 lembar agar lebih aman)
2. KK atau kartu keluarga asli (plus fotocopy 2 lembar agar lebih aman)
3. Kartu Jamsostek (plus fotocopy 2 lembar agar lebih aman)
4. Buku rekening Bank (plus fotocopy 2 lembar agar lebih aman)
5. Formulir BPJS (disediakan di kantor cabang BPJS)
6. Surat Keterangan PHK dari perusahaan yang dilegalisir Dinas Tenaga Kerja setempat
7. Surat Keterangan Pengunduran diri dari perusahaan yang dilegalisir Dinas Tenaga Kerja setempat

Jika anda sudah memiliki syarat-syarat tersebut diatas silahkan datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan yang dekat dengan lokasi rumah anda karena sekarang sudah ONLINE sistemnya. Dimanapun anda berada kini bisa dilakukan proses pengambilan/KLAIM Jamsostek tersebut. 

Dana klaim JAMSOSTEK atau BPJS kita akan ditransfer paling lama seminggu ke rekening Bank kita, informasi ini saya dapat dari bagian pelayanan waktu saya mengurus.

Satu hal lagi jika telah berhasil sisihkan 2.5% sebagai zakatnya agar uang anda tersebut Barokah bagi keluarga dan sesama.

[Update terakhir tgl 23 Agustus 2016 atau hari ini uang JHT saya telah ditransfer oleh BPJS ketenagakerjaan atau Jamsostek ini berarti hanya membutuhkan 2 hari kerja saja waktu transfer karena saya mengurusnya di hari Jumat minggu kemarin. Dan yang lebih mengejutkan ternyata perhitungan  saldo JHT yang  saya dapat ternyata melebihi dari apa yang  mesti saua dapatkan,  mungkin  ada tambahan bunga dari uang tabungan saya selama ini]

Terimakasih kasih BPJS dan Jamsostek yang telah mencairkan dana Jaminan Hari Tua saya secara cepat dan mudah. Mudah-mudahan sistem operasional yang diterapkan oleh BPJS Ketenegakerjaan semakin membaik setiap tahunnya. 


Comments

  1. Hallo , kalau semisal mau nyairiin bpjs tpi dikantor cabang apa bisa pak/buk ?

    ReplyDelete
  2. Mohon maaf bpk/ibu..saya mau tanya apakah bpjs ketenaga kerjaan/jht bisa di cairkan lebih awal biut beli rumah....terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya gak bisa, karena sudah ada ketentuan nya.

      Delete
  3. Gimana caranya daftar online bpjstk,apa 1 hari sebelum datang ke kantor bpjstk,atau gimana gitu?terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau antri secara online saya belum pernah, mending datang langsung aja ke kantor cabang Jamsostek pagi pagi ambil antrian untuk urus pencairan.

      Delete

Post a Comment

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau spam. Terima kasih

Popular posts from this blog

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

Selimut fasilitas bus EKA Menyambung artikel sebelumnya yakni trip report naik bus EKA dari Solo ke Purbalingga di akhir perjalanan ketika bus sudah memasuki wilayah kabupaten Purbalingga kondektur mulai membersihkan kursi dan merapikan kembali selimut selimut yang disediakan khusus bagi penumpang.  Setahu saya hanya armada bus EKA tertentu saja yang dilengkapi dengan fasilitas tambahan selimut. Selimut yang disediakan menurut saya cukup bagus dan menarik. Dengan warna menarik dan bahan lembut dan hangat tentu memancing "gairah nakal" tersendiri bagi oknum penumpang.  Ketika kondektur telah sampai di kursi bagian depan dia pun berkata kepada sang sopir. Pak selimute ilang siji maneh! Pak selimutnya hilang lagi satu. Kemudian saat kondektur kembali ke kursinya mulai terdengar percakapan mereka berdua mengenai hilangnya selimut tersebut. Sang kondektur sambar atau mengeluh ini adalah selimut kedua yang hilang dalam kurun satu bulan terakhir. Harga satu selimut itu lu

NAIK ANGKOT APA YA??? DARI STASIUN GUBENG KE TERMINAL BUNGURASIH

Stasiun Surabaya Gubeng Baru Bagi anda yang pertama kali datang ke kota Surabaya dengan menggunakan kereta api, anda harap perhatikan hal ini. Ada dua stasiun besar di Surabaya yakni, Stasiun Gubeng melayani jalur lintas Selatan dan Stasiun Pasar Turi yang melayani jalur lintas Utara.  JALUR LINTAS SELATAN kereta yang mengarah ke Banyuwangi, Malang, Kediri, dan Jakarta (lewat Madiun, Solo dan Jogjakarta), sedangkan  JALUR LINTAS UTARA  (kereta yang mengarah ke Lamongan, Babat, Bojonegoro, dan Jakarta (lewat Semarang).  Sejak tahun 2013 semua kereta api Ekonomi, Bisnis dan Ekskutif berjalan langsung di Stasiun Wonokromo alias tidak berhenti di Wonokromo lagi, jadi sekarang semua kereta api terakhir berhenti di Surabaya Gubeng. Ini jelas agak merepotkan apalagi bagi anda yang ingin melanjutkan perjalanan ke arah Sidoarjo atau ke terminal Bungurasih . Stasiun Surabaya Gubeng Lama Namun perlu anda tahu sebelumnya kenapa ada Stasiun Gubeng Baru dan Stasiun Guben

SMOKING ROOM di bandara Juanda

Smooking room di terminal 1 bandara Juanda  Area merokok di bandara Juanda Surabaya -  Tak mudah sekarang bagi para perokok mencari tempat yang nyaman untuk merokok, apalagi di bandara udara. Kenyataannya memang demikian, sebagai seorang perokok saya juga “Tahu Diri” untuk merokok di tempat yang telah disediakan. Nasib perokok, tambah terjepit karena ruang bebas merokok yang disediakan sangat sempit dan terbatas, padahal jumlah perokok yang berada di ruangan tersebut melebihi kapasitasnya. Kalo sudah demikian saya mesti mengalah daripada bisa “mati berdiri” terpanggang asap rokok hehehehe. Di postingan saya sebelumnya SMOKING ROOM di bandara Soekarno Hatta terminal 1 A, ternyata pihak bandara lebih bijak dengan menyediakan taman di tengah tengah gate sebagai area merokok. Ini tentunya lebih “manusiawi” karena para perokok termasuk saya bisa menikmati “hobby” tersebut dengan nyaman dan tidak tersiksa. Smoking pot di bandara Juanda Lain halnya dengan di bandara Juanda

Archive

Show more