Skip to main content

Artikel Unggulan

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

Pelunasan Kredit Mobil Lebih Awal atau Dipercepat di BCA Finance

Formulir pelunasan awal kredit mobil di BCA Finance

Hari Jumat kemarin akhirnya saya jadi untuk melunasi lebih awal kredit mobil saya di BCA Finance. Sebenarnya niat untuk melakukan pelunasan tersebut sudah semenjak sebulan yang lalu, namun saat ke kantor pembiayaan kredit dan meminta dihitung sisa pembayaran cicilan oleh pihak CS BCA Finance dana yang saya miliki saat itu kurang mencukupi.

Sebagai gambaran saya berikan penjelasan mengenai besaran kredit mobil saya di BCA Finance. Hutang pokok kurang lebih 130 juta dengan jangka waktu kredit 47 bulan dengan bunga flat selama 4 tahun sebesar 4.99% per tahun. Maka jumlah total pinjaman saya sekitar 156 juta dengan total bunga pinjanan kurang lebih 26 juta. Cicilan atau kredit mobil per bulan jumlahnya kurang lebih 3.3 juta rupiah.

Tabel Angsuran Kredit Mobil 
Beruntung di awal bulan Maret ini keuangan saya sudah mencukupi untuk melakukan pelunasan dipercepat atau lebih awal, dengan asumsi semoga saja mendapatkan banyak keringanan potongan atau diskon kredit. Segera saya meluncur ke kantor BCA Finance Surabaya yakni di jalan Veteran lantai 6. 

Dibantu customer service yang ramah dan cepat dalam melayani nasabahnya saya meminta print out terlebih dahulu masalah early termination atau pelunasan kredit lebih awal. Saya dapatkan hasilnya dari hutang total saya sebesar 81.175.000 jika saya lakukan pelunasan hari itu maka total uang yang harus saya bayarkan adalah sebesar 77.271.054 ini berarti potongan yang saya dapat setelah dikurangi bea penalti sebesar 3.903.946 rupiah atau hampir 4 juta rupiah.  



Setelah mendapatkan print out tersebut saya disuruh melakukan pembayaran lewat Bank BCA ke rekening virtual milik saya yang memang dibuat bagi nasabah leasing BCA finance yang melakukan pelunasan awal. Nama rekening virtual yang dibuat sama dengan nama kita.



Setelah melakukan proses transfer pembayaran ke rekening virtual tersebut saya setorkan kembali bukti transfer tersebut ke Customer Service untuk kemudian diganti dengan bukti tanda terima pengambilan BPKB kendaraan saya. 

Berhubung saat itu hari Jumat maka prosesnya baru akan dilakukan hari Senin minggu depan, saya diberi tahu lebih baik mengambil BPKB mobil tersebut hari Senin setelah jam 2 siang atau hari sesudahnya bisa langsung diambil di pagi hari saat kantor tersebut buka jam setengah 9 pagi.

Secara keseluruhan pelayanan proses pelunasan kredit lebih awal di BCA Finance cukup memuaskan. Semua orang rasanya punya hak untuk melunasi hutangnya lebih awal ataupun tetap meneruskan kreditnya, namun saat ini melunasi hutang lebih awal mungkin akan meringankan beban yang saya miliki.

Namun kadang ada Pameo Lucu di masyarakat yakni "Dengan Berhutang Hidup akan Lebih Bergairah" hahahaaha. Semoga artikel saya ini bermanfaat bagi anda yang hendak melakukan pelunasan awal hutang atau kredit anda. Simak Untung Rugi Kredit Sepeda Motor.

Comments

  1. Pak itu yang dilunasi hanya pokoknya saja atau seluruh cicilan yang tersisa? (pokok+hutang)

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu cicilan tersisa Mas (hutang+pokok) cuman dapat potongan sekitar 3 juta lebih padahal saya melunasi kekurangan kredit untuk 2 tahun. Ya lumayan lah masih dapat potongan dan prosesnya yang gak ribey.

      Delete
  2. potongannya gimana perhitungannya Pak..
    apa ada ketentuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sendiri kurang jelas Pak, tapi dari form yang diberikan oleh CS BCA Finance hanya tertera, sisa hutang (pokok+bunga) + pinalti kemudian dikurangi diskon? Menurut pendapat saya besar kecil diskon tergantung dari lama sisa angsuran.

      Delete
    2. tadi sy mau melunasi di bca fainace.
      total overdue 9.495.636
      total a+b 77.429.112
      discount -8.331.305
      total early 85.760.417
      yang namanya discount kan dikurangi dr hutang.ini kok mlh tambah

      Delete
  3. Pak mau tanya jd yg dihitung sisa hutang ( pokok+bunga) ada pinalti gak pak ? Misalkan angsuran saya jg sisa 2th

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada pinalti Mbak tentu saja. sisa hutang (pokok+bunga) + pinalti kemudian dikurangi diskon. Untuk pelunasan dengan sisa angsuran seperti yang saya alami yakni dua tahun kurang lebih mendapat potongan bersih hampir 4 juta rupiah setelah dikurangi penalti. Lumayan lah daripada gak dapat potongan sama sekali :-)

      Delete
  4. terimakasih sharingnya pak semoga bermanfaat untuk yang mau berhenti menghutang, termasuk saya sudah melakukan hal sama dengan bapak melunasi semua hutang, semoga allah memberkahi usaha kita amin. hidup lebih tennag dan lebih giat berusaha semenjak bebas hutang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks Mas sudah membaca artikel saya semoga bermanfaat juga untuk yang lainnya.

      Delete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIA. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    ReplyDelete
  7. Nominal pelunasan awal dan nominal jika terus mencicil seperti biasa perbedaannya banyak gak pak? Saya mau melunasi lebih awal juga tp setelah dihitung kok bedanya cuman 100 ribuan aja sama kalo nyicil normal ya. Jadi hampir ga ada bedanya gitu. Saya penasarannya juga apakah pelunasan itu juga termasuk membayar sisa bunga? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Termasuk bunganya Gan, kalau sisa cicilan kurang dari dua tahun perbedaan tidak signifikan mending dicicil aja terus.
      Karena kalau kita melunasi lebih awal ada penaltinya juga. Lebih baik ditanyakan langsung aja ke finansial yh bersangkutan. Kalau saya pakai BCA finance pelayanannya ramah dan memuaskan.

      Delete
  8. saya rencana mau melunasi sisa angsuran saya lebih awal...saya ambil Grand new avanza g m/t 2015 seharga kurang lebih 191 jt DP Awal saya 60 jt angsuran/bulan 3.371.000 x 59 bln...sekarang angsuran yang terbayar 30 kali....jadi sisa 29 x 3.371.000....kira kira untuk mwlunasi sisanya saya harus bayar berapa...trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya tidak bisa memastikan Gan karena tergantung kita pakai leasing apa? Tp kalau lihat sisa hutang yang masih ada sekitar 100 jutaan, kalau anda lunasi paling banter anda dapat potongan 6-7.5 7juta rupiah saja. Semoga berkenan atas jawaban saya.

      Delete
  9. td sy mau melunasi di bca finance total hutang 77jt [bunga+pokok]
    dpt discount -8jt jd 85jt.yg sy tanyakan discount kok mlh tambah banyak.discount kok men(-)kejadian ni d bca finance jember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas sdh dpt print out rinciannya gak? Kalau memang dilunasi awal malah nambah ya mending diterusin aja hutangnya.
      Setahu saya memang CS nya pernah bilang setiap harinya ada perubahan bunga hutang, jd saat pelunasan hutang lebih awal bisa saja berbeda diskonnya.
      Secara garis besar spt ini: (Hutang pokok+bunga)+penalti-diskon= pelunasan awal

      Delete
  10. Mas sy punya setoran motor angsuran sudah 28 bulan sisa tinggal 7 bulan lagi di cs finance, bisa ngga sy lunasi langsung? & Ada potongan ngga. Trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sisa 7 bulan mending diteruskan aja sisanya. Percuma aja dilunasi, nanti potongan sama penalti bisa bisa besar penalti karena pelunasan awal.

      Delete
  11. Apakah sesuai dengan yang ada di aplikasi bca finance? Untuk besaran pelunasan di awal

    ReplyDelete

Post a Comment

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau spam. Terima kasih

Popular posts from this blog

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

Selimut fasilitas bus EKA Menyambung artikel sebelumnya yakni trip report naik bus EKA dari Solo ke Purbalingga di akhir perjalanan ketika bus sudah memasuki wilayah kabupaten Purbalingga kondektur mulai membersihkan kursi dan merapikan kembali selimut selimut yang disediakan khusus bagi penumpang.  Setahu saya hanya armada bus EKA tertentu saja yang dilengkapi dengan fasilitas tambahan selimut. Selimut yang disediakan menurut saya cukup bagus dan menarik. Dengan warna menarik dan bahan lembut dan hangat tentu memancing "gairah nakal" tersendiri bagi oknum penumpang.  Ketika kondektur telah sampai di kursi bagian depan dia pun berkata kepada sang sopir. Pak selimute ilang siji maneh! Pak selimutnya hilang lagi satu. Kemudian saat kondektur kembali ke kursinya mulai terdengar percakapan mereka berdua mengenai hilangnya selimut tersebut. Sang kondektur sambar atau mengeluh ini adalah selimut kedua yang hilang dalam kurun satu bulan terakhir. Harga satu selimut itu lu

NAIK ANGKOT APA YA??? DARI STASIUN GUBENG KE TERMINAL BUNGURASIH

Stasiun Surabaya Gubeng Baru Bagi anda yang pertama kali datang ke kota Surabaya dengan menggunakan kereta api, anda harap perhatikan hal ini. Ada dua stasiun besar di Surabaya yakni, Stasiun Gubeng melayani jalur lintas Selatan dan Stasiun Pasar Turi yang melayani jalur lintas Utara.  JALUR LINTAS SELATAN kereta yang mengarah ke Banyuwangi, Malang, Kediri, dan Jakarta (lewat Madiun, Solo dan Jogjakarta), sedangkan  JALUR LINTAS UTARA  (kereta yang mengarah ke Lamongan, Babat, Bojonegoro, dan Jakarta (lewat Semarang).  Sejak tahun 2013 semua kereta api Ekonomi, Bisnis dan Ekskutif berjalan langsung di Stasiun Wonokromo alias tidak berhenti di Wonokromo lagi, jadi sekarang semua kereta api terakhir berhenti di Surabaya Gubeng. Ini jelas agak merepotkan apalagi bagi anda yang ingin melanjutkan perjalanan ke arah Sidoarjo atau ke terminal Bungurasih . Stasiun Surabaya Gubeng Lama Namun perlu anda tahu sebelumnya kenapa ada Stasiun Gubeng Baru dan Stasiun Guben

SMOKING ROOM di bandara Juanda

Smooking room di terminal 1 bandara Juanda  Area merokok di bandara Juanda Surabaya -  Tak mudah sekarang bagi para perokok mencari tempat yang nyaman untuk merokok, apalagi di bandara udara. Kenyataannya memang demikian, sebagai seorang perokok saya juga “Tahu Diri” untuk merokok di tempat yang telah disediakan. Nasib perokok, tambah terjepit karena ruang bebas merokok yang disediakan sangat sempit dan terbatas, padahal jumlah perokok yang berada di ruangan tersebut melebihi kapasitasnya. Kalo sudah demikian saya mesti mengalah daripada bisa “mati berdiri” terpanggang asap rokok hehehehe. Di postingan saya sebelumnya SMOKING ROOM di bandara Soekarno Hatta terminal 1 A, ternyata pihak bandara lebih bijak dengan menyediakan taman di tengah tengah gate sebagai area merokok. Ini tentunya lebih “manusiawi” karena para perokok termasuk saya bisa menikmati “hobby” tersebut dengan nyaman dan tidak tersiksa. Smoking pot di bandara Juanda Lain halnya dengan di bandara Juanda

Archive

Show more