SIMAK JADWAL DAN TARIF BUS TARUNA SOLO-SEMARANG TERBARU 2017

Tiket Bus Taruna Solo Semarang

Jalur Solo ke Semarang dan sebaliknya Semarang Solo adalah jalur yang cukup ramai dan padat menurut saya. Sekian kali saya naik bus dari terminal Tirtonadi ke terminal Terboyo dan sebaliknya jarang bus-bus ini sepi penumpang, bahkan saat awal pekan dan keberangkatan pagi hari penumpang akan penuh sesak walaupun dikelas Patas AC sekalipun.
[Simak kereta api Kalijaga angkutan alternatif murah Semarang Solo dan sebaliknya]

Bus bus yang menguasai jalur ini adalah Royal Safari, Safari Lux, Taruna, Muncul, Ismo dan sebagai kompetitor luar adalah bus EKA dan Sugeng Rahayu di kelas patas eksekutif. Sebenarnya ada dua jurusan terminal di Semarang jika kita berangkat dari Solo yakni Terminal Terboyo atau Kaligawe dan Terminal Mangkang namun tentu saja yang menjadi  favorit dan lebih padat penumpangnya adalah yang menuju ke Terboyo karena lebih dekat dengan pusat kota Semarang.

Bus-bus dengan urutan terdepan diatas seperti berasal dari satu rumpun yang sama yakni PT SAFARI. Namun kini manajemennya telah dibagi menjadi SEK (Royal Safari, Taruna. Dan Blue Star), yang unit usaha satunya adalah PO.Safari Salatiga (familiar dengan Safari Lux/Safari Malam).

Kali ini akan saya bagikan Jadwal dan Tarif Bus Taruna Jurusan Solo Semarang dan sebaliknya.

JADWAL BUS TARUNA SOLO-SEMARANG TERBARU 2017


Saya tidak menemukan referensi yang tepat mengenai jadwal bus Taruna ini, namun setahu saya untuk keberangkatan pagi sampai dengan sore hari adalah sangat rapat antara PO TARUNA, PO SAFARI, dan PO SAFARI LUX. Bisa dibilang jarak keberangkatan antar bus kurang dari 15 menit sekali.

TARIF BUS TARUNA SOLO-SEMARANG TERBARU 2017

JURUSAN
HARGA TIKET
SOLO-SEMARANG
SEMARANG-SOLO
Rp. 30.000,-
SEMARANG-BOYOLALI
SOLO-UNGARAN
Rp. 25.000,-
SEMARANG-AMPEL
UNGARAN-BOYOLALI
BAWEN-SOLO
Rp. 20.000,-
SOLO-SALATIGA
SEMARANG-SALATIGA
BAWEN-BOYOLALI
UNGARAN-AMPEL
Rp. 15.000,-
SEMARANG-BAWEN
UNGARAN-SALATIGA
BAWEN-AMPEL
SALATIGA-BOYOLALI
AMPEL-SOLO
Rp. 10.000,-
SEMARANG-UNGARAN
UNGARAN-BAWEN
BAWEN-SALATIGA
SALATIGA-AMPEL
AMPEL-BOYOLALI
BOYOLALI-SOLO
Rp.   7.000,-


[Updated setelah Lebaran 2017 tarif bus Taruna Patas AC naik menjadi 30 ribu rupiah untuk Solo ke Semarang dan sebaliknya]
Bus Taruna masih datang dan berangkat dari terminal Terboyo sampai akhir bulan Desember 2017 ini, simpang siur kepindahan operasional dan ditutupnya terminal Terboyo masih menjadi teka-teki.


Reaksi:

120 comments:

  1. Jadwal dari Solo terakhir jam berapa ya? tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hampir 24 jam, kalau bus reguler Solo Semarang habis bisa naik EKA atau Sugeng Rahayu Patas dari Tirtonadi ke arah Semarang

      Delete
  2. Jadwal dari Solo terakhir jam berapa ya? tq

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Enak Raya Mas bro, jarak kolom kaki lebih lebar dan kursi lebih empuk

      Delete
  4. Kalo kita dari salatiga gmna bos? busnya lewat salatiga ada gak yang jam 4 pagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada Gan kalau dari Semarang itu jadwalnya bus Safari, kalau dari Solo jadwalnya bus Taruna yang lewat.

      Delete
  5. kalau dari penggaron solo naik bus apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau langsung dari Penggaron ke Solo saya kurang tahu Gan, anda mestinya ke terminal bus Sisemut Ungaran untuk cari bus yang ke arah Solo spt Safari, Royal, Taruna, Raya, dll

      Delete
  6. Gan kalao dari salatiga ke terminal terboyo sore enaknya naik bus apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sore jam berapa Gan? Kalau sekitar jam 3 enak naik Raya, atau nunggu EKA dari Surabaya. Kalau gak pengen kelamaan nunggu ya naik Taruna atau Safari

      Delete
  7. Tarifnya kok naik ya mas, Solo-semarang yg sebelumnya 25.000 jd 30.000.. padahal sudah bukan lebaran dan harga BBM ga naik..
    Perbandingan dengan Sugeng Rahayu hanya 18.000 dan KL bahkan 16.000 Solo-semarang..
    Apakah wajar hal itu ya.. kasian kami yang pekerja penglaju setiap hari kalau tarif seperti ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya kurang tahu Mas, cuman kenyatannya setelah lebaran semua bus Patas AC Solo Semarang dan sebaliknya tarifnya naik dari 25 ke 30 ribu untuk jarak penuh.
      Berpikir positif saja memang tarif full naik tapi tarif jarak dekatnya seperti Solo ke Boyolali, Solo ke Salatiga dll tetap tidak mengalami kenaikan.

      Delete
  8. Kalau bis jam 4 pagi ke semarang solo ada ga mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Darimana nih Gan? Kalau dari Solo ke Semarang ada Gan itu jamnya bus Safari Lux, kalau dari Semarang juga sudah ada

      Delete
  9. Kalo jam 10an pagi biasanya berangakt dari mana mas? Kalo dari mojosongo paling deket dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mojosongo mana nih? Jebres atau dekat Boyolali. Kalau Jebres ya mending naik dari Tirtonadi. Jam 10 pagi dari Solo jadwalnya bus Safari sama Royal.

      Delete
    2. Itu tiketnya harus dibeli dulu sekarang atau nanti aja pas di terminalnya mas?

      Delete
    3. Langsung bayar diatas bus, kalau ada calo nawarin tiket bayar dibawah jangan mau Mbak.

      Delete
  10. Jadwal bus semarang solo,,dari trrminal mangkang.
    Jam 10.an pagi,,masih ada nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ada Gan cuman bis yg dari Mangkang ke Solo biasanya Ismo, Rajawali dan Shantika

      Delete
  11. maaf mau nanya mas, saya kan mau ke semarang kota (Lawang Sewu) dari terminal tirtonadi, nha opsi bus nya apa aja ya mas yg bisa masuk nyampe kedlm kotanya.
    **rencana mau berangkat sore jm 6 an

    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lama perjalanan Solo-Smg 3-3.5 jam biasanya diatas jam 8 malam bus dari Solo akan masuk ke tengah kota dan lewat Lawang Sewu spt bus Safari n safari lux tp kdng juga tidak. Mending turun depan RSI Sultan Agung lalu naik jembatan ke Seberang jalan pesen Gojek ke Lawang Sewu pakai Gopay paling 10 ribu doank.

      Delete
    2. mas mohon infonya dong untuk bus jurusan ke Terminal Mangkang kbrngkatannya jm brp aja dari Solo dan jenis bus nya apa aja ya ?

      makasih

      Delete
    3. Berangkat tiap jam Gan dari Tirtonadi namun dengan selang waktu agak kama, bus dengan tujuan terminal Mangkang Semarang antara lain: ISMO, MUNCUL. RAJAWALI, SHANTIKA.

      Delete
    4. oke makasih bnyk infonya mas,
      sukses selalu (y)

      Delete
  12. Mas mau tanya nih, kalo dari solo ke pedurungan, aku mesti naik apa? Trs turun dimana mas? Kalo naik sugeng rahayu itu tiba ke terminal tirtonadi jam berapaan mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naik bis apa aja dari Solo yg ke arah Terboyo spt Taruna, Safari, Raya, EKA atau SR Patas. Turun didepan RSI Sultan Agung sebelum masuk terminal Terboyo. Naik jembatan penyebrangan ke seberang lalu bisa pesen Gojek atau BRT ada haltenya deket situ.
      Lama perjalanan Smg ke Solo kira kira 3-3.5 jam, mending naik bus apa aja drpd nunggu Sugeng Rahayu atau EKA karena jadwalnya terbatas.

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya turun dpn RSI tuh kan ada jembatan penyebrangan naik untuk ke seberang jalan, di seberang jalan Mbak bisa naik BRT karena ada halte dekat situ cari yg jurusan Pedurungan, atau bisa langsung pesen GOJEK atau Grab. Kalau sendirian mending pesen Gojek paling ongkos cuman 15 ribu dah nyampe depan rumah tujuan.

      Delete
  14. Dari boyolali ke mako brimob polda jateng naik bus apa min? Jadwalnya buat sabtu besok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada dua pilihan Mbak, bisa naik bus jurusan Terboyo atau Mangkang. Kalau bus Mangkang biasanya ISMO, RAJAWALI, SHANTIKA. Sedang bus ke Terboyo spt Taruna, Safari Lux, Raya, EKA, dan SR Patas.
      Kalau turun Mangkang menggunakan Trans Semarang, turun saja di Shelter Ada Bulu (Shelter Sugiyopranoto 2). Lalu pesen aja GOJEK kalau sendirian paling 10 ribu.
      Kalau turun Terboyo agak lebih jauh, turun bus didepan RSI Sultan Agung lalu nyebrang jembatan ke seberang jalan. Disitu ada halte BRT ambil yg ke arah penggaron turun di halte penggaron naik ojek lagi. Atau bisa saja langsung naik GOJEK ke tujuan paling cuman 20 ribu.

      Delete
  15. Mas mau tanya klo mau ke dinas pendidikan provinsi turunnya di mana? Klo pke bus ismo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau naik Ismo kejauhan Mas, mending naik bus lain yg berhenti di Terboyo. Dari Terboyo bisa naik BRT atau Ngojek.
      Kalau dari Solo mending naik KA Kalijaga jam 05.20 pagi turun di Poncol, ngojek ke tujuan paling 5 ribu rupiah karena jaraknya sdh dekat.

      Delete
  16. Saya mau naik bus ke semarang, turun di terminal mana ya kalo buat lanjut ke pekalongan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berangkat dari kota mana Mbak? Kalau mau ke Pekalongan dari Semarang bisa dari Terboyo atau Mangkang. Anda bisa naik bus Patas Nusantara, sejauh pengalaman bus itu yang terbaik.

      Delete
  17. Mas tanya, kalau dari abimanyu ada bus langsung Salatiga ngak jam 3 pagi ??

    ReplyDelete
  18. Mas tanya bus ke Salatiga jam 3 ada yang lewat dpan poncol???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada Mbak, anda harus ke Terminal Terboyo lebih dahulu atau untuk amannya nunggu bus nya di jalan Semarang Demak, atau di depan jalur masuk bus ke terminal.

      Delete
  19. mas nanya itu kita dari st poncol( pagi skitar jam 6)mau ke solo, rute enakan mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naik aja BRT atau ojek online ke Terboyo jangan masuk terminal tunggu aja di jalan Kaligawe dekat jalan masuk terminal.
      Naik aja bus yg ke arah Solo bisa Safari, Taruna, Royal atau Raya

      Delete
  20. mau tanya mas..saya kan dari jogja mau ke salatiga.. kalo jalurnya lewat solo kan dti jogja solo ada 24 jam... klo solo salatiga pas pagi2 biar sampe nya kurang dari jam stgah 9 naik apa ya mas? tetimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naik EKA aja biasanya jam 5.30 dari Tirtonadi, kalau jam segitu belum kelihatan berarti perpal, langsung aja naik Taruna atau Safari Lux

      Delete
  21. Mas, numpang tanya. Kalo saya landing dari bandara Adi Sumarmo, terus mau lanjut ke Semarang gmn ya yg simple? Bis atau travel? Maaf klo dirasa keluar dari topik. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau diburu waktu mending naik travel, tp kalau mau nyante plus pengen jalan-jalan nikmati kota Solo begini caranya, naik aja bus Damri dari Bandara Adi Sumarmo ke Terminal Tirtonadi waktu perjalanan kira-kira 45 menit cuman waktu tunggunya yang agak lama, dari terminal Tirtonadi geser ke gate keberangkatan bus Semarang, kalau turun di Terboyo bisa naik Safari, Taruna, Royal Safari putih, Raya (dua terakhir rekomendasi saya) bisa juga naik EKA atau SR semarangan tp jamnya tertentu saja. Kalau turun di Mangkang naik Ismo, Rajawali, Shantika, Muncul.

      Delete
  22. Mas, dari salatiga mau ke solo trs ke stasiun solo balapan gimana? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naik aja bus dari terminal Tingkir Salatiga bus yg arah Solo, Safari, Taruna, Royal, Raya, dll kemudian turun terminal. Masuk kedalam area terminal cari atau tanya ke petugas lokasi Skybridge, itu adalah jembatan yg menghubungkan terminal Tirtonadi dengan st Solo Balapan, letak ada di dekat masjid Mushafir dalam terminal, anda naik tangga lalu belok ke arah kanan. Untuk bisa masuk skybridge Mas harus membeli atau udah punya booking tiket kereta terlebih dahulu. Thanks semoga membantu

      Delete
  23. Untuk rekomendasi saja... Lbh baik naik EKA atau Sugeng Rahayu yg Patas tarif Solo Semarang 25K plus air mineral botol..
    Kalau yang ekonomi Sugeng Rahayu Solo Semarang hanya 18k..
    Lebih cepat juga karena bus Surabaya itu jarang ngetime..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Gan, cuman yg jadi masalah jadwalnya jarang :-)

      Delete
  24. Kalo saya dari solo mau ke poltekkes kemenkes semarang, enaknya naik bus apa ya? Lalu saya turunnya dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naik bus apa aja gak masalah asal tujuan Semarang :-), nanti bilang ke kondektur turun di Sukun sebelum bus masuk ke Tol. Dari situ pesan aja Ojek online atau naik opang ke Poltekkes di daerah Tirto Agung jarak sekitar 3-4 km.

      Delete
  25. kalo dari solo mau ke hotel semesta kranggan bangunharjo semarang turunnya dimana ya mas? trus oper naik apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling enak sebenarnya naik kereta dari Solo Balapan KA Kalijaga jam 5.20 turun st Tawang ongkos 10 ribu, dari tawang pesen aja ojek online paling gak sampai 10 ribu, kalau naik bus bisa naik Safari, Taruna, Raya yg arah Terboyo turun deoan RSI nyebrang jembatan naik BRT yang arah ke pasar Johar atau Tawang dari Johar naik ojek sdh dekat

      Delete
    2. kalo turun di sukun lalu naik taksi bisa gak mas? ongkos e berapa?

      Delete
    3. kalo turun di sukun trus naik taksi bisa gak?

      Delete
    4. Ya mesti bisa Gan, tp turunnya di depan Transmart aja

      Delete
    5. trus kalo dari hotel semesta mau kembali ke solo naik apa mas untuk nyari bis yang ke solo?

      Delete
    6. Paling enak ya naik ojek online ke Terboyo, turun depan RSI lalu nyebrang jembatan ke seberangnya nunggu bus arah Solo, atau naik KA Kalijaga dr st Poncol atau Tawang jam keberangkatan 9 pagi Gan

      Delete
  26. kalo jam 5 atau 6 sore dari terminal tirtonadi solo bus raya ke semarang masih ada ndak mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ada Gan, kalaupun gak ada masih ada bus lainnya spt Safari, Taruna, EKA dan Sugeng Rahayu Patas dan Ekonomi

      Delete
  27. Klo misal saya naik kereta turun di semarang tawang, trus saya mau nyambung ke solo, itu naik dr mana ya bus nya? Soalnya nunggu KA Kalijaga terlalu lama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naik Gojek aja minta diantar ke depan RSI Sultan Agung atau pintu masuk jalan terminal Terboyo paling cuman 12 ribu, tunggu aja bus di pintu keluar atau seberang jalan RSI. Jangan masuk ke terminal terlalu jauh.

      Delete
    2. Bus Semarang - Solo jam 12 malem msh beroperasi ga ya?

      Delete
    3. Masih ada Gan, cuman jam agak jarang dan didominasi bus dr Sby seperti Sugeng Rahayu Ekonomi dan Patas serta EKA

      Delete
  28. Ok, terima kasih atas info nya, sangat membantu sekali.

    ReplyDelete
  29. Gan kalau dari solo ke jl. pemuda semarang naik bus apa dan turun mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naik bus ke Smg jurusan terminal Terboyo, paling enak Raya atau bus dari Sby spt EKA atau SR. Turun di depan RSI lalu nyebrang jembatan penyeberangan. Bisa naik BRT arah ke Pemuda atau naik Gojek 12 ribu.

      Delete
  30. Mas saya dari stasiun mau naek ismo. Enakan nyegat dimana ya?? Apa hrus ke tirtonadi dulu? Jam stgh 7 pagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stasiun mana? Kalau Solo Balapan anda bisa naik skybridge untuk ke terminal Terboyo lalu pergi ke pool bus jurusan Semarang,

      Delete
  31. mas mau tanya kalau misal saya mau ke kemenkumham semarang sampai sana jam 5 pagi paling enak naik bis atau kereta?kalau bis turun dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak dari Solo? Kalau sampai Semarang sekitar jam 5 pagi paling enak naik kereta dari Solo Jebres, KA Matarmaja 00.10 smp Semarang jam 02.22 pagi dan KA Majapahit 01.10 smp Smg jam 03.33 pagi.
      Kedua kereta berhenti di st Tawang, dari stasiun ke tujuan sdh dekat naik ojek online aja paling gak sampai 10 ribu rupiah.

      Delete
  32. Mas, saya dari solo mau ke dinkesprov jateng naik bus, enaknya turun dimana ya yang dekat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling enak sebenarnya naik Kereta turun st Poncol. Tapi kalau naik bus, turun di depan RSI Sultan Agung lalu nyebrang jembatan penyeberangan dari situ pesen aja ojek online ke TKP paling 15 ribu rupiah.

      Delete
  33. Kalo dari KFC banyumanik jln setiabudi srondol semarang mau pergi k solo naik busnya di mna ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyebrang dulu ke terminal bayangan Sukun Mas, disitu khan banyak bus arah Solo ngetem. Tinggal pilih aja naik bus apa.

      Delete
  34. Mas, kalau mau ke bawen semarang sampai sana jam 7 pagi naik bis apa ya? Saya dari Solo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Solo ke Bawen kira kira 1.5 sampai 2 jam, kalau jam 7 pagi harus sampe sana ya berangkat jam 5 dari Tirtonadi, naik aja bus Safari Lux tujuan Smg Terboyo.

      Delete
    2. maaf mas, mohon info kalau saya dari solo tirtonadi mau ke Graha Padma Tambakharjo Semarang Barat naik bus apa dan turun mana mas? tks

      Delete
    3. Mestinya naik bus yg ke arah terminal Mangkang lalu turun di Siliwangi, kemudian naik ojek ke TKP. Lokasinya dekat dgn bandara Ahmad Yani. Bus kalau dr Solo, Ismo, Muncul, Rajawali.
      Kalau turun Terboyo agak jauh, harus oper beberapa kali.

      Delete
  35. Mas, mau tanya kalo dari solo (stasiun purwosari) ke salatiga masih ada bis ga ya sekitar jam 10 malem? thx infonya mas

    ReplyDelete
  36. Permisi mau tanya, kalo dari Tirtonadi ke Semarang naik bus mau ke daerah jalan pemuda, turunnya terminal mana dan busnya apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naik bus dr Tirtonadi yg arah ke terminal Terboyo Semarang nanti turunnya di depan RSI Sultan Agung sebelum masuk terminal. Nyberang jmbatan penyeberangan lalu naik aja ojek pangkalan atau ojek online lebih murah paling 15 ribu. Bus nya bisa Taruna, Raya, Safari Lux atau yg dr Surabaya spt Eka dan Sugeng Rahayu patas arah Semarang.

      Delete
  37. mas mau nanya bis selain safari apa ya yg brngktnya jam 4 subuh rute semarang - solo ? soalnya kalo naik safari lama bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk bus reguler memang lama karena ngetem, coba aja EKA atau SR Patas dr Sby yg transit di Tirtonadi, sekitar jam 3-1/2 4 pagi.

      Delete
  38. Mas...sy siang ini mau ke solo dr smg sukun...bus yg cepat rn nyaman apa y..tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya naik EKA dan Sugeng Rahayu Patas jurusan Smg-Sby cuman ya itu jam nya tertentu saja, kalau yang reguler Smg-Solo paling nyaman bus RAYA menurut saya.

      Delete
  39. Mas mau tanya,, kalau mau ke ambarawa itu nanti naik bisnya turunnya diterminal bawen apa dimana mas??? Juga naik bis nya apa???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbaknya darimana? Kalau dr Solo atau Semarang semuanya turun di Bawen nanti oper naik ELF ke arah Ambarawa waktu perjalanan kira kira setengah jam.

      Delete
  40. Bro sekarang Dari solo ke semarang udah ada langsung ke penggaron kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tgl 29 kemarin saya sempat masuk Terboyo dan lihat spanduk masalah kepindahan terminal dr Terboyo ke Penggaron per 1 Desember, cuman katanya ada penolakan dari sopir bus. Untuk updated terakhir saya belum tahu. Malam ini saya OTW ke Semarang lagi, ntar saya updated beritanya.

      Delete
    2. Update terakhir malam ini 8 Desember saya melakukan perjalanan masih dari Terminal Terboyo dengan SR Patas, bus bus Solo Semarang masih jg berangkat dan masuk ke Terboyo.

      Delete
  41. mas bro, bus yg dari solo yang tujuan ke terminal penggaron bus apa aja ya?, mohon info nya, terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf bro belum tahu kondisinya terakhir, yg pasti EKA dan SR sby-smg sudah tdk di Terboyo lagi per Desember 4 kemarin pindah ke Mangkang, tp untuk bus spt Safari, Raya., Taruna saya masih lihat berkeliaran di sekitar Kaligawe

      Delete
    2. Update terakhir 8 Desember malam ini saya berangkat dengan SR patas Smg-Sby masih di Terboyo begitu juga bus bus dari Solo spt Safari, Taruna dan Raya belum dipindah ke Mangkang dan Penggaron.

      Delete
  42. Maaf mas mau nanya.. kalo dr smg ke solo sekitar jam 7 malem masih ada bis ga ya? Terus mending di terboyo atau sukun aja? Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jam segitu jadwalnya SR Patas dan EKA dr Surabaya mending nunggu di Sukun kalau Terboyo saya belum tahu kondisi terakhirnya

      Delete
  43. Maaf mas, untuk bus tujuan semarang solo yg kelas AC Ekonomi selain SR ada ga ya ? Kalau ada tarifnya sekitar berapa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada Taruna, Raya, Safari, Royal Safari bus ini kelas Ekonomi tp tempat duduknya 2-2 spt Patas, tarif dari Semarang ke Solo dan sebaliknya 30 ribu, sedangkan SR ekonomi 18 ribu. SR enak cepet nyampeknya paling lama 3 jam tempo hari saya naik cuman 2 jam 15 menit.

      Delete
  44. Sugeng rahayu apakah sampai malam mentok jam berapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jam 11 malam setelah itu ada lagi jam 2 malam Gan.
      Update terakhir 8 Desember bus bus dari Surabaya atau dari Solo masih berangkat dan masuk ke terminal Terboyo dan bukan terminal Mangkang Semarang.

      Delete
  45. Mas mau minta rekomendasi waktu dan bis siang - sore hari semarang solo.

    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau waktu pasnya boleh tahu jam berapa, kalau agak siang paling enak naik Raya karena tempat duduknya lebih longgar dan larinya agak kencang dibanding yang lain.

      Delete
  46. Mas, kalau dari Solo mau ke Semarang kota, gimana ? Pakai bus apa dan turunnya dimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semarang kota mana Mbak? Sampai saat ini bus jurusan Solo Semarang masih turun di Terboyo. Dari terminal Terboyo ke tengah kota busa naik ojek atau ojek online paling mahal 25 ribu. Anda bisa naik bus Raya, Safari, Taruna atau Royal Safari dari Solo.

      Delete
  47. Maaf mau tanya, kalo dari solo terus mau lanjut naik keret dari stasiun poncol, kira2 kalo naik bis berangkat jam berapa ya biar ga telat? Trus turun dimana? Soalnya kalo naik ka kalijaga terlalu pagi lama nunggunya. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini yg agak susah Gan, kondisi lalu lintas tidak bisa ditebak, perjalanan Solo Semarang paling lama sejauh yg saya alami 4 jam.
      Update minggu ini bus bus Solo Semarang masih bisa turun di Terboyo tapi untuk minggu depan saya kurang tahu. Kalau sudah pindah ke Penggaron bisa jadi masalah karena menjadi agak jauh untuk ke stasiun baik Poncol atau Tawang.

      Delete
  48. I wass curious if you ever thought of changing the structure off your blog?
    Its very well written; I love whazt youve got to
    say. But maybe you couuld a little more inn the way of content so ppeople coulod conjnect with it better.
    Youve got an awful lot of text for only having 1 orr 2 pictures.

    Maybe you could space it out better?

    ReplyDelete
  49. Mas, kalau mau naik bus dari semarang kota ke stasiun solo balapan jam 3 sore, naik bus patas darimana ya enaknya ? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunggu aja bus di seberang RSI sultan Agung dekat terminal Terboyo tepat di bawah jembatan penyeberangan. Jam segitu jadwalnya Taruna sama Safari ntar turun di Tirtonadi, stasiunnya pas di belakang terminal kalau sdh beli tiket kereta bisa naik skybridge ke stasiunnya kalau nggak terpaksa ya ngojek 5-10 ribu.

      Delete
    2. Oke mas. Estimasi waktu tempuh naik bis patas dari semarang ke solo berapa jam ya ?

      Delete
    3. Mas, kalau saya mau naik bus patas ac jam 7 pagi dari solobalapan ke semarang, turun di pagoda watugong, bisa naik bus apa ya ? Naiknya di dalem terminal tirtonadi atau di luar terminal tirtonadi ya enaknya ? Makasih

      Delete
    4. Bisa Gan, naik aja skybridge dr stasiun ke terminal nanti cari gate ke arah Semarang, ke Watugong bisa naik bus apa aja, Safari, Taruna, Raya, Muncul, Rajawali, dll. Jam segitu jadwalnya Raya kalau gak salah

      Delete
  50. Dari boyolali kalau mau ke poncol turun dimana ya? Denger" terminal terboyo sudah tdk dipakai lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih bisa turun do Terboyo Gan, saya hari Sabtu kemarin barusan dari sana.

      Delete
  51. Maaf mas mau nanya , saya mau ke unnes , universitas negri semarang , naik bus apa dan turunnya mana yaa...? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saudara berangkat dari mana? Solo? Kalau iya, naik aja semua bis Solo-Semarang, nanti minta kondektur turun di Sukun dekat Transmart, dari situ anda bisa naik ojek atau Gojek jaraknya udah dekat sekitar 2-3 km saja.

      Delete
    2. Bantu jawab nggih, bisa turun di ungaran pojok, atau bilang aja mau ke unnes, nanti kalo udah mau nyampe di kode sama bapak kernet nya. Oh ya sekalian tanya Mas Admin, aku mau ke solo dr terminal bawen sekitar jam 5-7 malem, kira2 Taruna safari masih lewat nggak ya ? Atau pakai SR ?

      Delete
    3. Masih ada, jam segitu jamnya Raya, SR atau EkA sesudahnya.

      Delete

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau Spam. Terima kasih

Popular Posts

Total Pageviews

Indoinspector. Powered by Blogger.

DMCA

DMCA