Skip to main content

Artikel Unggulan

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

Kelabang atau Lipan Masuk Rumah? Ih...takut


Baru saja beberapa jam yang lalu saya terpaksa membunuh seekor kelabang atau lipan dengan warna merah menghitam yang cukup besar dan terbesar dari semua yang pernah saya lihat sebelumnya. Ukuran lebar badannya kira kira 1 cm dan panjang 8 cm. Dengan warna merah kehitam-hitaman.

Kejadian bermula saat istri saya bangun tidur siang di kamar belakang sedangkan saya di kamar depan. Saya yang berniat membangunkannya kaget dengan gelagat ketakutan istri saya yang terlihat dari balik jendela kamar. 

Dia segera membuka pintu kamar dan berkata "Mas ada kelabang besar, selepas pintu kamar terbuka nampak jelas sosok binatang adalah hewan arthropoda yang tergolong dari kelas Chilopoda dan upafilum Myriapoda.

Lipan adalah hewan metamerik yang memiliki sepasang kaki di setiap ruas tubuhnya. Hewan ini termasuk hewan yang berbisa, dan termasuk hewan nokturnal atau mencari makan di malam hari.

Segera saya ambil tang dan palu besar, bermaksud hanya ingin mencepit badannya yang besar saya sempat "NGEPER" juga lihat ukurannya yang lumayan jumbo itu.

Akhirnya dengan basmalah saya pukul badannya dengan ujung palu yang keras dan patahlah badannya menjadi dua bagian. Sementara satu sisinya ternyata masih bisa bergerak kesana kemari. Saya pukulkan lagi ujung palu tersebut untuk mengakhiri hidupnya. Kasihan......

Saya yang iseng kemudian mencoba mencari tahu apa dan bagaimana kehidupan makhluk Tuhan yang satu ini.

1. Kelabang termasuk hewan kaki seribu
Kelabang adalah hewan metameric yang memiliki sepasang kaki di setiap ruas tubuhnya. Hewan ini termasuk hewan yang berbisa, dan termasuk hewan nokturnal (wikipedia). Makanan utamanya adalah serangga dan hewan yang lebih kecil darinya termasuk semut, laba-laba, rayap, kutu dan kecoa. Ada juga kelabang berukuran lebih dari 30 cm yang bisa memakan cecak, kodok ataupun anak tikus.

Kelabang sering muncul di sore hari di musim hujan seperti ini, mungkin sarangnya sedang kebanjiran. Si kaki seribu ini sering muncul di tempat yang lembab dan adanya celah masuk ke tanah, biasanya di kamar mandi, dapur ataupun gudang.

2. Cara Membunuh Kelabang
Gunakan sapu dan sandal, sapu untuk menghalau binatang itu dan sandal gunakan untuk memijaknya jika terpaksa. Pukul kepala kelabang dengan sekali pukulan agar tidak ada perlawanan. Sebenarnya kelabang ini tidak akan melawan atau menggigit jika tidak terpaksa.Gigitan kelabang itu cuma sekelas sengatan lebah, venomnya hanya berefek pada sekitar gigitan saja. Jauh lebih enteng jika dibandingkan dengan racun Kalajengking.

3. Cara Mengusir Kelabang di Rumah
Seperti dibahas di atas, kelabang sering muncul di tempat gelap, lembab dan kotor. Carilah celah dimana lipan bersarang, lalu taruhlah salah satu bahan yang dapat mengusir lipan di bawah ini:
1. Garam
Sama halnya dengan hewan melata lainnya, kelabang juga memiliki ruas ruas yang sensitif pada garam.
2. Kapur Anti Serangga
Taburkan kapur pada tempat yang sering muncul kelabang. Mereka akan pergi jauh jauh.
3. Gunakan Jebakan Lem Tikus
Jangankan kelabang, tikus pun bisa terjebak dengan menggunakan lem ini.
4. Serbuk Cabe
Cabe yang berbau pedas mampu membuat kelabang kurang nyaman dan akhirnya pergi.

Cara mengusir kelabang di atas sangat cocok jika kelabang bersarang di luar rumah yang akhirnya bisa masuk melalui celah ataupun pintu (dimana anda tidak tahu letak sarang).

Selama anda tidak mematikan kelabang sampai ke sarang pastinya anak cucunya masih akan berkunjung. Di luar rumah biasanya mereka bersarang di bawah batu atau bata, luangkan waktu anda untuk bersih bersih kebun.

Comments

Popular posts from this blog

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

Selimut fasilitas bus EKA Menyambung artikel sebelumnya yakni trip report naik bus EKA dari Solo ke Purbalingga di akhir perjalanan ketika bus sudah memasuki wilayah kabupaten Purbalingga kondektur mulai membersihkan kursi dan merapikan kembali selimut selimut yang disediakan khusus bagi penumpang.  Setahu saya hanya armada bus EKA tertentu saja yang dilengkapi dengan fasilitas tambahan selimut. Selimut yang disediakan menurut saya cukup bagus dan menarik. Dengan warna menarik dan bahan lembut dan hangat tentu memancing "gairah nakal" tersendiri bagi oknum penumpang.  Ketika kondektur telah sampai di kursi bagian depan dia pun berkata kepada sang sopir. Pak selimute ilang siji maneh! Pak selimutnya hilang lagi satu. Kemudian saat kondektur kembali ke kursinya mulai terdengar percakapan mereka berdua mengenai hilangnya selimut tersebut. Sang kondektur sambar atau mengeluh ini adalah selimut kedua yang hilang dalam kurun satu bulan terakhir. Harga satu selimut itu lu

NAIK ANGKOT APA YA??? DARI STASIUN GUBENG KE TERMINAL BUNGURASIH

Stasiun Surabaya Gubeng Baru Bagi anda yang pertama kali datang ke kota Surabaya dengan menggunakan kereta api, anda harap perhatikan hal ini. Ada dua stasiun besar di Surabaya yakni, Stasiun Gubeng melayani jalur lintas Selatan dan Stasiun Pasar Turi yang melayani jalur lintas Utara.  JALUR LINTAS SELATAN kereta yang mengarah ke Banyuwangi, Malang, Kediri, dan Jakarta (lewat Madiun, Solo dan Jogjakarta), sedangkan  JALUR LINTAS UTARA  (kereta yang mengarah ke Lamongan, Babat, Bojonegoro, dan Jakarta (lewat Semarang).  Sejak tahun 2013 semua kereta api Ekonomi, Bisnis dan Ekskutif berjalan langsung di Stasiun Wonokromo alias tidak berhenti di Wonokromo lagi, jadi sekarang semua kereta api terakhir berhenti di Surabaya Gubeng. Ini jelas agak merepotkan apalagi bagi anda yang ingin melanjutkan perjalanan ke arah Sidoarjo atau ke terminal Bungurasih . Stasiun Surabaya Gubeng Lama Namun perlu anda tahu sebelumnya kenapa ada Stasiun Gubeng Baru dan Stasiun Guben

SMOKING ROOM di bandara Juanda

Smooking room di terminal 1 bandara Juanda  Area merokok di bandara Juanda Surabaya -  Tak mudah sekarang bagi para perokok mencari tempat yang nyaman untuk merokok, apalagi di bandara udara. Kenyataannya memang demikian, sebagai seorang perokok saya juga “Tahu Diri” untuk merokok di tempat yang telah disediakan. Nasib perokok, tambah terjepit karena ruang bebas merokok yang disediakan sangat sempit dan terbatas, padahal jumlah perokok yang berada di ruangan tersebut melebihi kapasitasnya. Kalo sudah demikian saya mesti mengalah daripada bisa “mati berdiri” terpanggang asap rokok hehehehe. Di postingan saya sebelumnya SMOKING ROOM di bandara Soekarno Hatta terminal 1 A, ternyata pihak bandara lebih bijak dengan menyediakan taman di tengah tengah gate sebagai area merokok. Ini tentunya lebih “manusiawi” karena para perokok termasuk saya bisa menikmati “hobby” tersebut dengan nyaman dan tidak tersiksa. Smoking pot di bandara Juanda Lain halnya dengan di bandara Juanda

Archive

Show more