Skip to main content

Artikel Unggulan

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

[Updated] TARIF BUS EKA LEBARAN

Bus EKA di terminal Terboyo Semarang

Baru nyampe di Semarang tadi pagi,  ada seorang teman yang memberi informasi berharga dan saya tunggu-tunggu. Dia baru saja datang hari Senin pagi dari rumahnya di Sragen dan naik bus EKA Patas.

Saat hari hari biasa dan bukan saat menjelang lebaran seperti saat ini yang sudah termasuk H-6 tarif bus EKA dari Sragen ke Semarang adalah 50 ribu rupiah namun pagi tadi sudah naik menjadi 70 ribu rupiah ini berarti ada peningkatan sebesar 40% dari tarif normalnya.

Perlu sobat ketahui bahwa pemerintah dalam hal ini Dishub atau Dinas Perhubungan tidak lagi menetapkan tuslah tarif angkutan umum melainkan hanya mensyaratkan ambang batas bawah dan atas tarif itupun hanya untuk kelas ekonomi, sedangkan kelas bisnis dan eksekutif untuk moda transportasi bis diserahkan masing-masing kepada PO atau perusahaan otobus bersangkutan.

Tiket Bus Eka Semarang Surabaya tarif Lebaran 

Dengan kenaikan sebesar 40% ini maka tarif bus EKA dari Surabaya ke Solo dan sebaliknya yang biasanya 75 ribu belum termasuk kupon makan 12 ribu rupiah akan naik menjadi 105 ribu ditambah 12 ribu menjadi 117 ribu. Sedangkan tarif dari Surabaya ke Semarang dari 100 ribu menjadi 131 ribu plus kupon makan menjadi 143 ribu rupiah.

[Updated tarif bus Eka Lebaran akan berlaku sampai tanggal 9 Juli 2017,  ini dia beberapa tarif yang sempat saya dapatkan dari kondektur bus EKA Semarangan,  Semarang-Solo 30 ribu,  Semarang-Caruban 98 ribu, Semarang-Surabaya 143 ribu rupiah plus tiket makan]

Jadi siapkan dana yang mencukupi agar tidak terjadi salah paham dengan kru bus jika terjadi kekurangan pembayaran, karena di saat Lebaran seperti ini wajar saja jika perusahaan menaikkan tarifnya dengan banyak alasan. Seperti pembayaran THR karyawan, biaya bahan bakar yang naik karena macet di jalan dan lain sebagainya.

Namun kenaikan tersebut saya pikir masih dalam batas wajar, namun satu hal anda juga harus waspada terhadap banyaknya oknum yang memanfaatkan momen Lebaran ini dengan menjadi calo dan menarik ongkos tidak sewajarnya pada calon penumpang.

Ingat pesan saya, bus EKA hanya menarik ongkos saat didalam bus dan tidak ada pembelian melalui loket kecuali pemesanan secara online yang mungkin juga jumlah kursinya sedikit.  Jadi jika ada oknum yang memungut langsung uang tiket anda wajib tidak percaya dan menolaknya.

Comments

  1. Mas, kalo dari cilacap ke mojokerto baik bis Eka bisa tdk? Tarif berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Mas, tarif reguler Cilacap Mojokerto 145 ribu plus tiket makan 12 ribu, kalau tarif lebaran naik sekitar 30-40%.

      Delete

Post a Comment

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau spam. Terima kasih

Popular posts from this blog

Penumpang Julit...... Bawa Kabur Selimut Bus EKA

Selimut fasilitas bus EKA Menyambung artikel sebelumnya yakni trip report naik bus EKA dari Solo ke Purbalingga di akhir perjalanan ketika bus sudah memasuki wilayah kabupaten Purbalingga kondektur mulai membersihkan kursi dan merapikan kembali selimut selimut yang disediakan khusus bagi penumpang.  Setahu saya hanya armada bus EKA tertentu saja yang dilengkapi dengan fasilitas tambahan selimut. Selimut yang disediakan menurut saya cukup bagus dan menarik. Dengan warna menarik dan bahan lembut dan hangat tentu memancing "gairah nakal" tersendiri bagi oknum penumpang.  Ketika kondektur telah sampai di kursi bagian depan dia pun berkata kepada sang sopir. Pak selimute ilang siji maneh! Pak selimutnya hilang lagi satu. Kemudian saat kondektur kembali ke kursinya mulai terdengar percakapan mereka berdua mengenai hilangnya selimut tersebut. Sang kondektur sambar atau mengeluh ini adalah selimut kedua yang hilang dalam kurun satu bulan terakhir. Harga satu selimut itu lu

NAIK ANGKOT APA YA??? DARI STASIUN GUBENG KE TERMINAL BUNGURASIH

Stasiun Surabaya Gubeng Baru Bagi anda yang pertama kali datang ke kota Surabaya dengan menggunakan kereta api, anda harap perhatikan hal ini. Ada dua stasiun besar di Surabaya yakni, Stasiun Gubeng melayani jalur lintas Selatan dan Stasiun Pasar Turi yang melayani jalur lintas Utara.  JALUR LINTAS SELATAN kereta yang mengarah ke Banyuwangi, Malang, Kediri, dan Jakarta (lewat Madiun, Solo dan Jogjakarta), sedangkan  JALUR LINTAS UTARA  (kereta yang mengarah ke Lamongan, Babat, Bojonegoro, dan Jakarta (lewat Semarang).  Sejak tahun 2013 semua kereta api Ekonomi, Bisnis dan Ekskutif berjalan langsung di Stasiun Wonokromo alias tidak berhenti di Wonokromo lagi, jadi sekarang semua kereta api terakhir berhenti di Surabaya Gubeng. Ini jelas agak merepotkan apalagi bagi anda yang ingin melanjutkan perjalanan ke arah Sidoarjo atau ke terminal Bungurasih . Stasiun Surabaya Gubeng Lama Namun perlu anda tahu sebelumnya kenapa ada Stasiun Gubeng Baru dan Stasiun Guben

SMOKING ROOM di bandara Juanda

Smooking room di terminal 1 bandara Juanda  Area merokok di bandara Juanda Surabaya -  Tak mudah sekarang bagi para perokok mencari tempat yang nyaman untuk merokok, apalagi di bandara udara. Kenyataannya memang demikian, sebagai seorang perokok saya juga “Tahu Diri” untuk merokok di tempat yang telah disediakan. Nasib perokok, tambah terjepit karena ruang bebas merokok yang disediakan sangat sempit dan terbatas, padahal jumlah perokok yang berada di ruangan tersebut melebihi kapasitasnya. Kalo sudah demikian saya mesti mengalah daripada bisa “mati berdiri” terpanggang asap rokok hehehehe. Di postingan saya sebelumnya SMOKING ROOM di bandara Soekarno Hatta terminal 1 A, ternyata pihak bandara lebih bijak dengan menyediakan taman di tengah tengah gate sebagai area merokok. Ini tentunya lebih “manusiawi” karena para perokok termasuk saya bisa menikmati “hobby” tersebut dengan nyaman dan tidak tersiksa. Smoking pot di bandara Juanda Lain halnya dengan di bandara Juanda

Archive

Show more