ADA BERAPA PATUNG SUROBOYO di SURABAYA???

16:10

Patung Suroboyo di taman Skate dan BMX

Setiap kota tentunya memiliki ikon atau lambang yang menjadi tanda kebanggaan atau kebesaran sejarah terbentuknya wilayah tersebut. Surabaya sebagai salah satu kota besar di Indonesia memiliki ikon yang sebagian besar orang sudah tahu yakni Suro dan Boyo.

Banyak kalangan melambangkan bahwa Suro adalah ikan berupa hiu sungai dan Boyo adalah Buaya. Kota Surabaya sendiri terbentuk di delta kali Brantas setelah terjadi pertempuran kedua makhluk buas itu dan meninggalkan jejak sebuah daratan yang cukup luas dan berkembang hingga menjadi seperti saat ini.

Ada juga yang melambangkan Suroboyo sebagai Suro keberanian dan Boyo adalah bahaya. Diartikan sepenuhnya bahwa Suroboyo adalah keberanian menghadapi bahaya, inilah tercermin dari sifat dan tingkah laku orang orang Surabaya.
Patung Suroboyo di depan KBS

Karena itu pada tahun 1975 Walikotamadya Kepala Daerah Tingkat II Surabaya saat itu, Mr Soeparno dibuat Keputusan No 64/WK/75 tentang HUT Surabaya. Itu memutuskan bahwa 31 Mei 1293 sebagai HUT Surabaya.

Sampai saat ini saya dapatkan informasi bahwa ada tiga buah patung Suroboyo di kota Surabaya. Yang pertama di jalan STAIL tepat didepan Kebun Binatang Surabaya. Patung itulah yang sering kita lihat di foto atau televisi.

Sumber: https://kimbaharisukolilobaru.blogspot.co.id

Patung kedua ada di Taman Skate dan BMX persis di belakang Monumen Kapal Selam menghadap ke arah Kali Surabaya. Patung ketiga ternyata ada di area wisata Kenjeran Park atau Kenpark Pantai Ria Baru.

Kondisinya cukup memprihatinkan karena terbengkalai dan tak terurus. Info ini saya dapat dari website KIM Bahari, mungkin suatu saat akan saya telusuri keberadannya dan mendokumentasikannya secara khusus.

You Might Also Like

0 komentar

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau Spam. Terima kasih

Artikel Unggulan

PENGHASILAN 100$ PERTAMA DARI PROPELLER ADS

Transfer Propellerads ke akun Paypal saya Sebagai seorang blogger tidak munafik bahwa tujuan saya adalah memonetisasi blog milik saya. ...

DMCA

DMCA