CARA MUDAH MENEMPATKAN (EMBED) PETA GOOGLE MAP DI ARTIKEL ATAU POSTINGAN BLOG

02:53


Untuk melengkapi sebuah artikel terutama tentang tempat wisata atau sebuah wilayah ada baiknya kita menyematkan atau embed peta lokasi dari GOOGLE Map. Jika anda belum tahu caranya atau kurang paham karena dari beberapa artikel yang sama saya baca memberikan petunjuk yang agak kurang jelas dan membingungkan.

PERTAMA buka aplikasi Google Map di laptop atau PC, karena jika lewat ponsel atau tab saya belum berhasil menemukan caranya. Masukkan lokasi atau tempat yang hendak anda SHARE posisinya. Saya memakai contoh disini yakni obyek foto di Kota Tua Surabaya yang terkenal yakni Jalan Gula seperti gambar diatas. Setelah terlihat lokasi yang dimaksud dan keluar di Map, lalu KLIK tombol BAGIKAN atau SHARE.


Kemudian akan keluar frame baru tepat ditengah layar, ada dua TAB pilihan yakni Bagikan Tautan dan Sematkan Peta. Klik pada tab Sematkan Peta, kemudian pilih ukuran frame yang akan ditampilkan di artikel nantinya ada 4 buah ukuran yang disediakan yakni KECIL, SEDANG, BESAR dan UKURAN KHUSUS.  Dan tepat disebelahnya ada kolom berisi kode HTML yang nantinya harus anda COPY terlebih dahulu dan PASTE di dalam artikel anda di BLOG.

Kode embed dari lokasi yang hendak ingin saya bagikan adalah seperti dibawah ini:


KEDUA copy kode embed dari lokasi yang anda inginkan seperti diatas contohnya.

Dasbor blogspot mode HTML

KETIGA buka artikel yang hendak anda Tanami kode lokasi dari GOOGLE MAP. Ubah mode tulisan ke HTML dengan cara klik HTML seperti pada gambar contoh dibawah ini. Tempatkan atau PASTE embed code di paragraph yang anda inginkan. Kemudian jangan lupa klik PERBARUI atau SIMPAN untuk menyimpan perubahan yang anda lakukan.


  


KEEMPAT anda bisa menempelkan code embed di widget samping artikel dengan cara sebagai berikut: Buka DASBOR blogspot anda, kemudian klik TATA LETAK, lalu pada kolom SIDE BAR klik +Tambahkan Gadget. Kemudian klik atau tambahkan HTML/JavaScript, kemudian akan muncul frame baru. Pada kolom Konten PASTE code embed yang telah anda copy sebelumnya, lalu jangan lupa KLIK SIMPAN. Sebelum keluar jangan lupa Simpan Setelan untuk memperbarui artikel yang telah anda edit tersebut.

Nah, itulah cara mudah menempatkan code embed atau kode lokasi tempat pada GOOGLE MAP. Silahkan anda coba dan jika belum berhasil saya siap menjawab pertanyaan anda, sementara ini saya hanya mencoba pada domain blogspot saja.

You Might Also Like

0 komentar

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau Spam. Terima kasih

Artikel Unggulan

PENGHASILAN 100$ PERTAMA DARI PROPELLER ADS

Transfer Propellerads ke akun Paypal saya Sebagai seorang blogger tidak munafik bahwa tujuan saya adalah memonetisasi blog milik saya. ...

DMCA

DMCA