SEKILAS TENTANG PASAR TURI BARU SURABAYA

Pasar Turi Baru di malam hari

Walaupun sudah sempat akan diresmikan operasionalnya sekitar dua tahun yang lalu yakni 18 Maret 2015, namun acara Grand Opening Pasar Turi Baru tersebut ternyata dibatalkan karena alasan perijinan yang belum resmi.

Pasar Turi adalah pasar grosir tradisional terbesar di Surabaya bahkan mungkin Jawa Timur. Sejarah Pasar Turi berawal dari Kerajaan Singosari di tahun 1292 dimana buronan Jayakatwang yakni Raden Wijaya melakukan transaksi jual beli dengan masyarakat setempat. Hingga berkembang terus menjadi besar dan pusat belanja segala macam kebutuhan rumah tangga di Surabaya.

Pasar Turi terletak di lokasi yang strategis dekat dengan Tugu Pahlawan, stasiun Surabaya Pasar Turi dan kantor Gubernur Jawa Timur serta pusat belanja baru PGS Pusat Grosir Surabaya. Anda ingin berbelanja ke Pasar Turi Baru dari luar kota simak caranya disini.

Hingga sekarang semenjak tahun 1950 Pasar Turi sudah mengalami kebakaran lima kali dan yang terakhir 2012. Dan hingga saat ini belum beroperasi secara penuh. Saat saya kecil di era tahun 90 an orangtua terutama almarhum ibu sering mengajak kesini untuk berbelanja pakaian dan peralatan dapur. Namun tentunya yang saya suka adalah saat diajak makan ke warung soto lamongan langganan ibu.

Teringat saat itu kondisi Pasar Turi ramai sesak oleh pengunjung bahkan stand atau lapak lapak resmi kadang tertutup oleh lapak pedagang liar. Berbagai barang dagangan tersedia di pasar tersebut, mulai dari produk garmen atau pakaian, barang pecah belah dan perabot rumah tangga, elektronik, kebutuhan sekolah, dll. Semuanya komplit dalam satu tempat.

Situasi penuh sesak sedemikian mungkin sudah tidak zamannya lagi, kalau saya menjadi pengunjung mending saya cari di Mall yang kondisi situasi belanjanya lebih nyaman meskipun harganya sedikit lebih mahal. Namun dari beberapa sumber di internet keadaan Pasar Turi sekarang sudah lebih baik dengam fasilitas seperti mall, walaupun tidak banyak pedagang yang membuka lapaknya karena banyaknya stand stand yang masih kosong.

Saya sendiri tidak tahu pasti penyebab pasti kebakaran pasar turi saat tahun 2012. Kejadian kebakaran saat itu adalah di malam hari kalau tidak salah, satu hal yang cukup aneh karena saat sore hari pasar sudah tutup. Saya tidak berasumsi lebih lanjut mengenai kebakaran Pasar Turi untuk yang kelima kalinya itu.

Yang pasti semua pihak berharap Pasar Turi Baru bisa beroperasi dengan baik dan memutar roda perekonomian Surabaya khususnya dan Jawa Timur umumnya.


Reaksi:

2 comments:

  1. Mana informasinya menuju Pasar Turi dari luar kota pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa ikuti artikel ini Pak, https://indoinspector.blogspot.com/2015/06/dari-terminal-bungurasih-ke-stasiun.html

      Delete

Tolong biasakan komentar yang baik setelah membaca, saya akan balas jika pertanyaan sesuai topik. Dan tolong jangan meninggalkan link aktif atau Spam. Terima kasih

ADLOFT MEDIA

Advertising

Advertising

PROMO TARIF

PROMO TARIF

Popular Posts

Total Pageviews

Indoinspector. Powered by Blogger.

DMCA

DMCA